Tetap Sehat Selama Berpuasa

Kamis, 09/05/2019 - 16:10
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni

Klikwarta.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu  H. Herwan Antoni, SKM.. Kes .Msi  menghimbau  kepada seluruh masyarakat, khususnya yang beragama Islam yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan agar tetap menjaga kesehatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan ibadah puasa, yaitu:

1. Pada Saat Makan Sahur

A. Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, walau menu sederhana tetapi tetap mengandung 5 unsur gizi lengkap, yaitu: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

B. Agar mampu menahan lapar, maka perbanyak makan jenis makanan berserat yang banyak terdapat di dalam sayur dan buah.

C. Untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan selama berpuasa maka pada saat makan sahur harus banyak minum air putih.

D. Bagi penderita sakit lambung, makanan yang perlu dihindari adalah ketan, mie, cuka dan jenis minuman yang mengandung soda.

E. Setelah makan sahur jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

2. Pada Saat Berbuka

A. Jangan langsung minum air dingin atau es karena perut yang kosong akan menjadi kembung bila langsung minum air dingin atau es. Biasakanlah berbuka dengan air yang hangat.

B. Berbuka hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru, sehingga kerja lambung tidak terlalu berat karena lambung membutuhkan ruangan yang kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan maka kunyahlah makanan dengan baik.

C. Setelah berbuka buasa, jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

D. Untuk orang yang berat badannya melebihi berat badan ideal/gemuk, hindari makanan yang kolestrolnya tinggi. Perbanyak makan sayur dan buah.

E. Untuk orang yang kurus sebaiknya menambah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna, misalnya sayuran kasar (daun singkong dan daun pepaya).

F. Untuk orang yang lanjut usia, makanlah dengan porsi yang lenih sedikit tetapi dilakukan beberapa kali. Jangan lupa mengkonsumsi buah dan sayur. (Fr)

TMMD

 

Related News