Tiba Pulau Morotai, Pangkoarmada III dan Ketua DJA III Mengikuti Prosesi Adat Joko Kaha

Kamis, 07/07/2022 - 17:58
 Prosesi adat Joko Kaha saat menyambut Pangkoarmada III di pulau Morotai
Prosesi adat Joko Kaha saat menyambut Pangkoarmada III di pulau Morotai

Klikwarta.com, Morotai - Setelah melaksanakan Kunjungan kerja ke Pangkalan TNI Angkatan Laut/Lanal Ternate, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III (KDJA III)  Ny. Yuanita Irvansyah, melanjutkan kunjungan kerja ke Lanal Morotai. Kamis (07/07/22).

Dalam kunjungan kerja tersebut Pangkoarmada III didampingi Asrena Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) M.Iwan Kusuma, Aspers Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, , Dandenintel Koarmada III Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto.S.E. serta Pengurus Jalasenastri Armada III.

Setiba di Appron Base Ops Lanud Leo Wattimema pada hari Rabu kemarin, Pangkoarmada III beserta Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada III disambut acara adat Joko Kaha (Cuci Kaki) atau disebut dengan injak bumi dalam adat Maluku Utara, dimana prosesi adat Joko Kaha menunjukan bahwa masyarakat Maluku Utara telah menerima Pangkoarmada III beserta Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada III di Bumi Moloku Kieraha sebagai bagian dari masyarakat Maluku Utara.

.

Hadir dalam penjemputan Pangkoarmada III dan Rombongan, yaitu Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Danlanud Leo Watimena Kolonel Pnb. Erick Rofiq Nurdin, Pj Bupati Morotai Muhammad Umar Ali, Komandan Lanal Morotai Letkol (P) Amin Wibowo dan Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf David Sutrisno Sirait. 

Adapun kegiatan Pangkoarmada III beserta Rombongan adalah mengunjungi Museum Trikora,  meresmikan Sarana Prasarana Rekreasi di Lapangan Panahan Moro Wira di Kesatrian Lanal Morotai yang dihadiri Insan Injasmar dan Pramuka Saka Bahari, serta  pada kesempatan tersebut Ketua Daerah Jalasenastri Armada III melaksanakan pemberian nutrisi tambahan kepada anak-anak keluarga anggota Lanal Morotai dan masyarakat Desa Juanga, serta pemberian sembako dan bahan kontak sebagai rangkaian dalam kegiatan HUT Jalasenastri.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III menyampaikan terima kasih Kepada Komadan  Lanal Morotai yang telah berkreasi dengan keterbatasan, tetapi mampu bersaing seperti Kota-kota besar di Indonesia dengan mendirikan Cafe Jangkar Gazebo 99 dan sarana olah raga Panahan.

Dengan dibukanya sarana olah raga dan rekreasi oleh Lanal Morotai diharapkan mampu meningkatkan semangat Prajurit serta memberikan dampak positif untuk warga masyarakat sekitar,” ujar Pangkoarmada III.

Pada bagian lain, pada saat acara ramah tamah bersama Gubernur Maluku Utara dan Pj  Bupati Morotai, Pangkoarmada III menyampaikan suka cita atas penerimaan dari Pemerintah Daerah, dan mengucapkan terima kasih, karena telah banyak membantu dalam pembangunan Lanal Morotai.

.

Selain itu Pangkoarmada III juga menyampaikan wacana dan harapan kedepan, bahwa Lanal Morotai dapat diisi oleh Prajurit dari putra-putri Morotai dan sekitarnya, karena TNI Angkatan Laut  melalui Satdik 3 Sorong telah merekrut dan mencetak  Prajurit TNI Angkatan Laut dari putra putri daerah Papua, Maluku dan Maluku Utara, untuk bisa ditempatkan ke daerah asalnya.

Sementara itu Pj Bupati Pulau Morotai, dalam sambutannya menyambut baik dan bersyukur dengan kedatangan Pangkoarmada III ke Pulau Morotai, serta menyampaikan bahwa sinergitas Pemda Morotai dan Lanal Morotai telah berjalan dengan baik, diantaranya adalah pencegahan dan Vaksinasi Covid 19 secara terus menerus dan membantu pelaksanaan SAR, dengan mencari masyarakat yang hilang dilaut akibat kecelakaan laut, serta menjaga dan mengawal perairan dan  Pulau Terluar.

Untuk itu “Kami Menobatkan Panglima Koarmada III dan Ibu, sebagai Mutiara di Bibir Pasifik“ yang menjadi Julukan Morotai dengan segala keindahan Morotai dan segudang sejarah dari Perang Dunia II, semoga kedepan  Pangkoarmada III  bersama Ibu, akan lebih sering lagi untuk berkunjung ke Morotai, harap Pj Bupati Pulau Morotai.

(Kontributor : Arif)

Related News