Mencegah Beredarnya Berita Hoaks di Ruang Digital pada Pemilu 2024

Jumat, 20/01/2023 - 07:54
Pemerhati Politik dan Ruang Digital Kabupaten Garut, Jabar, Sulaeman
Pemerhati Politik dan Ruang Digital Kabupaten Garut, Jabar, Sulaeman

Klikwarta.com, Jakarta - Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Milenial  Jakarta (GPMJ) melakukan kegiatan testimoni dengan Pemerhati Politik dan Ruang Digital Kabupaten Garut, Jabar, Sulaeman, di Jakarta pada Jumat, 19 Januari 2023. Hal tersebut dilakukan untuk minta tanggapanya dalam Mencegah Beredarnya Berita Hoaks di Ruang Digital pada Pemilu 2024.

Terkait hal tersebut, Sulaeman mengatakan Perlu adanya pemahaman bersama bahwa tahapan Pemilu 2024 terus berjalan. Masing-masing peserta Pemilu mempersiapkan diri untuk dapat berbuat maksimal, agar memenangkan kontestasi pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024. 

"Yang perlu kita sadari bahwa ruang digital merupakan wadah terkini bagi para peserta Pemilu untuk mempromosikan dirinya ke masyarakat. Terkait hal tersebut keamanan ruang digital menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam mempersempit ruang beredarnya berita bohong pada dinamika tahapan Pemilu 2024", ungkapnya. 

Lanjutnya, Persaingan politik Pemilu dalam ruang digital yang memanfaatkan hoaks untuk kepentingan mereka yang berkontestasi diharapkan tidak terjadi lagi pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Untuk itu pemerintah berupaya memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya pertanggungjawaban pemanfaatan ruang digital terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. 

Menurutnya, upaya yang dilakukan pemerintah dengan melaksanakan sosialisasi maupun diseminasi, bahwa ruang digital harus betul-betul dimanfaatkan secara bertanggung jawab dan harus didukung oleh kita semuanya. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil serta meningkatkan kepercayaan kepada pemerintah.

"Namun tentu saja, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri perlu adanya sinergitas dari semua pihak untuk dapat menyampaikan tentang seberapa pentingnya menjaga iklim dalam ruang digital tetap terhindar dari hoaks", jelasnya.

"Oleh karenanya mari kita dukung pemerintah dalam usahanya melakukan pencegahan beredarnya berita hoaks di ruang digital pada pelaksanaan Pemilu 2024. Sehingga dapat berjalan dengan sukses dan sesuai harapan semua pihak", sambungnya menandaskan. (Adr)

Related News