Menyoal Harga Tiket Asian Games 2018

Asian Games 2018
Asian Games 2018
KPU Mukomuko
Polda Bengkulu

Oleh : Ricky Rinaldi)*

Rencana berlangsungnya ajang besar Asian Games pada 18 Agustus nanti selalu menjadi pembicaraan banyak orang akhir-akhir ini. Tidak hanya persiapannya yang matang dan penyambutannya yang telah digelar di beberapa kota, berita soal harga tiket Asian Games juga menjadi sorotan publik. Banyak orang yang menyayangkan harga tiket Asian Games yang dirasa terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.

Mungkin bagi yang belum tahu, akan bertanya-tanya sebenarnya berapa harga tiket Asian Games? Harga tiket pembukaannya yang paling murah adalah Rp. 750.000 dan yang tertinggi Rp. 5.000.000. Sedangkan untuk setiap cabang olahraganya berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 800.000. untuk penutupannya, harga tiket berkisar Rp. 450.000 sampai Rp. 2.000.000.

Harga tiket ini sebenarnya banyak dikeluhkan oleh netizen hingga figur politik. Sementara itu, ketua Inasgoc pun menjawab semua kritik tersebut. Menurutnya, harga tiket Asian Games 2018 sudah termasuk murah jika dibandingkan dengan Asian Games sebelumnya di negara lain. Untuk perbandingan, harga tiket Asian Games 2010 di Guangzhou China paling rendah sekitar Rp.3.450.000 sampai Rp.14.600.000.  rencananya Inasgoc akan menjual 42000 tiket dari total 77000 kursi yang ada di stadion utama gelora bung karno. Sedangkan sisanya akan diberikan secara gratis kepada partner, pelajar, media, dan lain-lain.

Lebih jauh, Erick mengatakan, jika harga tiket yang ditentukan sudah berdasarkan pada riset. Terlebih lagi untuk Jakarta daya beli masyarakatnya akan lebih tinggi dibandingkan Palembang. Mengacu pada riset, kemampuan daya beli warga jakarta tentunya lebih tinggi dari warga Palembang. Karena itulah harga tiket pun disesuaikan. Namun, jika dibandingkan Asian Games pada tahun sebelumnya di China dan Korea Selatan, harga tiket masih lebih murah.

Murahnya harga tiket Asian Games 2018 di  juga cukup mengherankan bagi warga asing. Meski banyak dari warga Indonesia yang merasa harga tiket Asian Games ini termasuk tinggi, namun untuk acara besar seperti Asian Games harga tersebut masih tergolong wajar. Seperti yang diketahui, sebelumnya di Korea Selatan harga tiket Asian Games termurah Rp.2.150.000 sampa Rp.12.940.000.

Perbandingan harga tiket juga telah melaui riset. Keputusan tersebut diambil tidak hanya dengan membandingkan harga tiket Asian Games sebelumnya, tapi juga berdasarkan pengamatan harga tiket dari acara-acara internasional yang berlangsung di Indonesia, seperti: konser musik.

Meski masih saja ada yang menganggap, bahwa tiket Asian Games ini terlalu mahal, kenyataannya 25% tiket pembukaan Asian Games telah ludes terjual. Meski, tak dapat dipungkiri bahwa tantangan dari acara ini salah satunya adalah bagaimana bisa menjual tiket hingga seluruhnya laku terjual. Berkaca dari Asian Games 2014 di Korea Selatan, penjualan tiket kurang maksimal sehingga stadion pun sepi penonton meski pertandingan Asian Games sedang  berlangsung.

Tentunya Inasgoc tak ingin jika hal itu sampai terjadi di Indonesia, meski kemungkinan itu tetaplah ada. Untuk itu, sebelumnya panitia sudah memperkirakan dan membagi antusiasme penonton ke dalam 4 kategori. Pertama, pada upacara pembukaan dan penutupan, antusiasme penonton masuk ke kategori tinggi sehingga harga tiket pun menjadi lebih mahal. Selain itu, pada moment pembukaan dan penutupan, minat penonton pada cabang olahraga juga mempengaruhi antusiasme mereka. Pertandingan itu diantaranya: bulu tangkis, sepak bola, basket, voli, renang, dan lain-lain. Untuk pertandingan yang tidak familiar bagi penonton, seperti: panahan, diperkirakan akan sepi penonton. Di pertandingan yang kurang mendapatkan minat publik, harga tiket pun akan lebih murah.

Meski banyak yang mengkritik harga tiket Asian Games 2018, sebenarnya harga tiket tersebut sudah lebih murah karena bebas pajak. Pemerintah DKI Jakarta tidak membebankan pajak pada tiket Asian Games dengan harapan supaya masyarakat Indonesia bisa memiliki daya beli karena harga tiket yang lebih murah tanpa harus ditambah dengan pembayaan pajak. Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakrta bersama ketua Inasgoc telah membahas hal tersebut dan memutuskan untuk membebaskan tiket dari pajak yang mungkin akan memberatkan penonon karena membuat tiket menjadi lebih mahal. Eris Heriyanto, selaku Sekretaris Jenderal Inasgoc mengatakan keputusan ini tentunya akan menguntungkan buat publik karena bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

Mahal atau murahnya harga tiket Asian Games 2018 ini sebenarnya relatif bagi setiap orang. Mengenai hal ini banyak pula netizen yang berpendapat di media sosial mereka. Ada yang mengatakan tiket Asian Games di Indonesia termasuk murah jika dibandingkan dengan harga tiket Asian Games sewaktu di Jepang. Ada pula yang mengatakan bahwa harga tiket termasuk mahal untuk ukuran rakyat Indonesia.

Tapi, meskipun begitu, kita perlu tahu bahwa acara ini termasuk ajang besar dan berskala internasional. Jadi, wajar jika standar harga tiket dinilai menggunakan dolar dan bukan rupiah. Jadi, harga tiket Asian Games 2018 ini memang sudah ditekan agar bisa menjangkau lebih banyak penonton Indonesia sebagai tuan rumah dari ajang pertandingan ini.

Jika ingin menonton, mungkin bisa disiasati dengan membeli tiket paling murah di cabang olahraga tertentu. Agi yang belum tau cara membeli tiketnya,tiket bisa dibeli secara online di situssian Games/ pesan tiket bisa lebih praktis melalui situs resmi Asian Games, https://asiangames2010. Bisa juga melalui www.kiostix.com.

Untuk memesan tiket secara online, pembeli perlu mengisi data diri. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga ketertiban penonton, sehingga penonton pun teridentifikasi. Hal tersebut juga menjadi standar keamanan internasional level 1. Hal yang perlu disipakan adalah, KTP, alamat email, dan nomor telepon. Nantinya pembeli akan mendapatkan E-Ticket yang juga tercntum QR Code. E Ticket itu akan ditukar dengan tiket fisik berbetuk gelang ketika memasuki arena pertandingan.

Selain via website, inasgoc juga bekerja sama dengan minimarket dan ojek online dalam penjualan tiket Asian Games 2018 untuk lebih memudahkan pembeli yang ingin mendapatkan tiket Asian Games. Calon penonton bisa membeli lewat alfamart, Grab, dan Gopay. Bahkan pembelian tiket Asian Games juga bisa melalui Bank, seperti: BRI, Mandiri, dan BNI.

Selain pembelian online, Inasgoc juga membuka pembelian tiket Asian Games 2018 secara offline. Seperti yang diketahui, tidak semua orang tahu cara mengakses internet. Penjualan offline pun juga dibuka. Pembelian bisa dilakukan di mall Gandaria City, Mall Pacific Place, Mall Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall, Mall Puri Indah, dan lain-lain. Selain itu, Bandara dan stasiun kereta api juga melayani pembelian tiket Asian Games 2018. Selain itu, disediakan pula ticket box juga di seluruh venue pertandingan Asian Games, baik di Jakarta maupun Palembang.

Penjualan tiket mulai dibuka 30 Juni. Saat itulah sejarah barupun dibuat. Pertandingan olahraga se-Asia akan berlangsung di Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya menjadi bagian dari sejarah bangsa. Oleh sebab itu, mari  dukung para atlet Indonesia berlaga di Asian Games 2018.

 

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Studi Strategis Indonesia (LSISI)

Dibaca: 15 kali
mendes

 

Related News

prov