Peduli Sejarah Kota Pinang, Dandim Santoso Tanam Bibit Pohon Pinang

Kamis, 19/09/2019 - 00:29
Dandim Santoso Tanam Bibit Pohon Pinang
Dandim Santoso Tanam Bibit Pohon Pinang

Klikwarta.com, Labuhanbatu - Dalam Rangka Karya Bhakti Penghijauan Memperingati HUT TNI ke-74 Tahun 2019, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso bersinergi dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan, melakukan Penanaman Bibit Pohon Pinang secara Simbolis untuk mengembalikan sejarah nama "Kotapinang",  Rabu 18 September 2019 sekitar Pukul 09.30 WIB. Hal tersebut sebagai reboisasi sejarah asal nama daerah Kotapinang di Desa Simaninggir Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Giat ini turut dihadiri Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Asisten 1 Kab Labusel Drs Puadi S.IP, Kasi BB Kajari Labusel Arga Johannes Parlimgoman, Asisten 2 Labusel Ralikul Rahman, Kaban Pemdes Labusel Julkifli Siregar, Kadis Perkebunan Labusel Asni Harahap, Kakan Kesbangpol Labusel Julkifli, Kadis Kesehatan Labusel Dr. Epdi, Ketua MUI Labusel Ustadz Maratamin harahap, Ketua FKUB Labusel H. Sukri Nasution.

Kemudian tampak juga hadir Ketua FKDM Labusel H. Saidi Siregar, Wakapolsekta Kotapinang AKP H.Sinambela,  Pabung Labusel Mayor Inf P Sinaga, Danramil 11/KP Mayor Czi Baginda siregar, Camat Kotapinang Ali Mukti S.IP, Kadis BLH Labusel Burhanuddin, Pimpinan Cabang Bank BRI Kotapinang Dodi Wahyu Budiarso, Humas PT Lonsum Drs Muspa Ependi, Ketua BKPRMI Labusel H. Najarul Ependi Siregar, Tokoh Masyarakat Lsbusel H. Salim Siregar  serta Para OKP dan Ormas.

b

“Terima kasih kami ucapkan kepada para undangan atas antusiasnya menghadiri undangan penanaman secara simbolis pohon pinang dalam rangka karya bakti menyambut HUT TNI KE-74 tahun  2019 dengan tujuan membangun sinergisitas TNI, masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mengembalikan marwah sebuah kota yaitu Ikon kotapinang dimana kegiatan ini sudah Lama di rencanakan oleh Dandim 0209/LB, berhubung banyaknya kegiatan sehingga baru ini dapat terlaksana”, ujarn Ketua Panitia Mayor Czi Baginda Siregar dalam sambutannya.

k
 
Sementara Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso dalam sambutannya mengatakan, “Saya ucapkan terima kasih atas antusias TOMAS, TOGA, TODAT dan pemkab Labusel menghadiri undangan ini dan ini menandakan sinergisitas koramil 11/ KP dengan semua elemen di Kabupaten Labuhanbatu selatan cukup baik”, ujar Dandim.

Lanjut Dandim dengan adanya penanaman pohon pinang secara simbolis ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Labusel agar dapat menanam pohon pinang baik itu di perkantoran dan pemukiman masyarakat untuk mengembalikan IKON kota ini sebagai Kotapinang.

“Kotapinang ini berasal dari pinang awan yang artinya pohon pinang menjunjung tinggi ke awan yang dimiliki oleh sebuah kerajaan yang terletak pinangawan desa bunut Kecamatan Torgamba dimana istana raja tersebut dipagari oleh pohon pinang. Saya selaku Dandim 0209/LB mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Labusel karena pada hari ini kita dapat berkumpul dalam pencanangan penanaman bibit pohon Pinang bernuansa kearifan lokal Kegiatan ini merupakan kegiatan Karya Bakti Sosial Kodim 0209/LB untuk menyambut peringatan HUT TNI yang ke-74 tahun 2019 yang selaras dengan kebudayaan dan adat istiadat wilayah Kotapinang dimana kesultanan ini didirikan dulunya”, tegas Dandim Santoso.

Disampaikan Dandim, dalam penanaman pohon ini secara simbolis, jika membuka sejarah asal mula nama Kotapinang sebuah Kesultanan Kota pinang bernama Kesultanan Pinang Awan yang didirikan oleh Batara Sinomba atau Batara Gurga Pinayungan Tuanku Raja Sakti putra Sultan Alamsyah Syaifuddin yang berasal dari Kerajaan Pagaruyung. Asal kata nama dari Kata Huta Pinang awan yang artinya pinang yang mengawal atau pinang yang menjulang sampai keawan.

Disamping itu, penanaman pohon pinang ini merupakan upaya Reboisasi sebagai penghijauan untuk memelihara sejarah asal nama daerah ini yaitu Kota Pinang yang dulunya Kecamatan kecil dan sekarang telah menjadi Kabupaten Kota dimana nantinya pohon pinang ini selain dapat diambil buahnya juga pohonya dapat digunakan dalam perayaan HUT RI untuk panjat Pinang karena saat ini kita sudah cukup sulit mencari batang pinang di kota ini.

“Untuk itu Saya Dandim 0209/ LB dan Danramil 11/KP ingin berinovasi membuat pembibitan pohon pinang sampai 1000 pohon namun yang hidup hingga sekarang 700 pohon. Kegiatan ini merupakan penghijauan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah tandus dan untuk membantu memperbaiki lingkungan dan program lain untuk mendukung menghentikan erosi sekaligus memperbaiki paru-paru dunia akan ketersediaan Oksigen bagi makhluk hidup”, ujarnya.

“Saya mengharapkan kepada semua unsur khususnya kepada saudaran-saudara kami Masyarakat Kotapinang agar kiranya pohon pinang yang kita tanam ini dapat kita rawat bersama-sama pertumbuhannya sebagai wujud kecintaan kita sehingga dapat terwujud sebagai kota idaman yang sejuk. Disamping itu, saya berharap agar setiap Kecamatan dan Desa/Kelurahan agar dapat berinovasi dengan menanam pohon pinang agar harapan kita Kodim 0209/LB dan Pemerintahan Kabupaten Labusel dapat terwujud, Saya juga berharap agar program ini dapat dilanjutkan dan menjadikan program yang berkesinambungan oleh pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan”, tutupnya menandaskan.

u

Mewakili Tokoh Masyarakat (TOMAS) kotapinang H. Salim Fahri Siregar, dalam kesempatannya mengatakan, “ Terima kasih kepada Dandim 0209/LB yang telah mengangkat derajat Kotapinang yang mencetuskan untuk mengembalikan sejarah Kotapinang, dimana Ikon kotapinang memang ada seperti ikan udang dan baung, padahal sebenarnya adalah pohon pinang”, ujar Salim.

“Dandim ini sangat peduli daerah Kotapinang ini, kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kami warga kotapinang tidak akan lupa dengan sejarah kami, Anjuran Dandim kepada warga Labusel untuk menanam pohon pinang 5 pohon setiap rumah kami masyarakat Labusel sangat mendukung karena sejarah itu sangat perlu kita luruskan agar generasi muda dapat mengetahui sejarah dan cinta sejarah terutama di wilayah Labusel” tutupnya. (Oelies).

a

TMMD

 

Related News