Peringati Hari Kesaktian Pancasila, “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”

Sabtu, 01/10/2022 - 21:07
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kanwil Kemenkumham Banten, Sabtu (1/10)
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kanwil Kemenkumham Banten, Sabtu (1/10)

Klikwarta.com, Serang -- Pagi ini, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto di Lapangan Upacara Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Sabtu (01/10/2022). 

Turut hadir Kepala Divisi Administrasi Sri Yusfini Yusuf, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taltting Langi, Kepala Divisi Keimigrasian Ujo Sujoto, Administrator, Pengawas, JFT/Pelaksana, serta CPNS. 

Upacara diawali prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Setelahnya, dilakukan pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta pembacaan Naskah Ikrar.

"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” menjadi tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar 1 Oktober 2022 hari ini.

Diharapkan dengan tema ini akan menjadikan nilai-nilai di dalam pancasila sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai bangsa Indonesia. Terutama dalam kebangkitan dan pembangunan ekonomi bangsa pasca covid-19. 

Selain itu Pancasila menjadi pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kedepan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang. Selama ini upaya yang dilakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. 

(Kontributor : Safarudin)

Related News