Plt Bupati Asahan Surya Berpesan ke Masyarakat : Pertahankan Lahan Pangan

Minggu, 25/08/2019 - 22:09
Panen Padi di Desa Serdang
Panen Padi di Desa Serdang

Klikwarta.com, Asahan - Pada Kegiatan Panen Raya padi yang digelar di Dusun IX, Desa Serdang, Asahan, Plt Bupati Asahan, Surya menyampaikan pidatonya, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan melaksanakan program upaya khusus peningkatan produksi untuk percepatan swasembada pangan, Sabtu (24/8/2019).

Namun, ada berbagai faktor penghambat, diantaranya anomali perubahan iklim, jaringan irigasi yang belum memadahi, pemilikan lahan petani yang sempit dan teknologi pertanian yang belum modern.

Kemudian, luas lahan sawah sebagai penopang sumber pangan di Kabupaten Asahan mengalami penurunan.

Untuk mendukung perkembangan pertanian tersebut, Pemerintah telah memberikan stumulant berupa bantuan sarana dan prasarana, serta kegiatan peningkatan produksi yang diantaranya, bantuan Traktor roda 4, Traktor roda 2, Pompa Air, Pestisida, Power Thresser dan Combine Harvester yang telah diberikan sebanyak 2 unit kepada Desa Serdang ini.

Surya meminta kepada masyarakat untuk tidak mengalih fungsikan lahannya, seperti yang diatur dalam Undang-Undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan serta perda nomor 7 tahun 1999 tentang pengaturan pemanfaatan lahan sawah dalam Kabupaten daerah tingkat II Asahan.

"Saya selaku Pelaksana Tugas Bupati Asahan mengharapkan kepada petani di Kabupaten Asahan pada umumnya dan kepada warga Desa Serdang pada khusunya untuk mempertahankan lahan pangan kita, untuk anak cucu kita" ungkapnya.

Surya juga menjelasakan untuk meningkatkan produksi pangan, Pemerintah melakukan salah satu upaya, yakni melalui proyek penaikan debit air sungai Bunut dengan dilakukan supplesi Sungai Silau yang saat ini sedang berjalan.

"Mudah-mudahan di tahun 2021 yang akan datang, proyek tersebut telah dapat kita nikmati" ungkapnya.

Disela-sela pidatonya, Surya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung alih fungsi yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Meranti, dari lahan kelapa sawit menjadi lahan tanaman padi dan Pemerintah Kabupaten Asahan akan membantu masyarakat dalam pengalihan fungsi lahan tersebut.

Selanjutnya, anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan mengatakan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia dari dulu hingga saat ini.

Hinca juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan dapat beralih fungsi lahan, yang mana dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian.

Mengakhiri pidatonya, Hinca meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat menaikan debit air sungai Bunut untuk peningkatkan produksi padi yang ada di Kecamatan Meranti.

"Kembangkan pertanian di Kabupaten Asahan", ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Asahan, Anggota Komisi III DPR RI, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Ketua Partai Demokrat Kabupaten Asahan, OPD terkait, Camat Tekait, Kepala Desa Serdang dan Kelompok Tani Desa Serdang melakukan panen raya bersama dilokasi persawahan yang berada dilokasi tersebut. (TS)

TMMD

 

Related News