Plt Bupati Surya : Peringatan Nuzulul Quran Jadikan Sebagai Momentum Kebangkitan Umat

Selasa, 21/05/2019 - 16:53
Plt Bupati Asahan Surya Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Peringatan Nuzulul Quran di Mesjid Raya Kisaran
Plt Bupati Asahan Surya Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Peringatan Nuzulul Quran di Mesjid Raya Kisaran

Klikwarta.com - Setelah melaksanakan buka puasa bersama di Mapolres Asahan, Plt. Bupati Asahan, Surya menghadiri peringatan Nuzulul Quran di Mesjid Raya Kisaran, Senin (20/5/2019).

Tidak terasa umat Muslim sebentar lagi memasuki hari ketujuh belas dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Hal ini bertepatan dengan turunnya Al-Qur'an atau dikenal dengan peristiwa Nuzulul Quran. Peritiwa Nuzulul Quran ini tertulis di dalam surat Al-Baqarah ayat 185.

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”, ungkap Plt Bupati Asahan, Surya saat mengawali sambutannya.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Asahan, Surya mengatakan peringatan Nuzulul Quran bukan hanya sekedar simbol turunya kitab suci Al-Qur'an. Namun dapat menjadi moment kebangkitan umat.

Membaca Al-Qur'an harus dapat dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Selain punya makna spritual peningkatan ibadah, Nuzulul Quran juga memiliki makna sosial.

Segala sesuatu tersimpan pada Al-Qur'an, semakin sering membaca Al Quran, semakin paham ilmu dan ajaran yang terkandung didalamnya.

Nuzulul Quran juga punya makna pemersatu umat, sebagai sumber dan pedoman utama umat muslim diseluruh dunia. Dengan cara membaca Al-Qur'an dengan cara dan bahasa yang sama. (TS)

TMMD

 

Related News