Soroti Netralitas ASN, Bawaslu Kota Blitar Bentuk Tim Cyber Patroli Medsos

Rabu, 12/08/2020 - 16:58
Ketua Bawaslu Kota Blitar Bambang Arintoko (Istimewa)
Ketua Bawaslu Kota Blitar Bambang Arintoko (Istimewa)

Klikwarta.com | Kota Blitar - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar membentuk tim Cyber.

Ketua Bawaslu Kota Blitar Bambang Arintoko menjelaskan, tim Cyber ini dibentuk untuk melakukan patroli di media sosial (Medsos) Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, sebagai upaya meminimalisir Anetralitas atau ketidaknetralitasan ASN.

Pengawasan itu, kata dia, difokuskan kepada aktivitas ASN di media sosialnya. Itu dilakukan menyusul calon petahana yang dipastikan ikut berlaga di Pilkada serentak kota Blitar ini. Maka dari itu, setiap aktivitas ASN khusunya di media sosial menjadi sorotan.

"Karena ada petahana ikut maju, kami memprediksi tingkat potensi kerawanan netralitas ASN di Pilwali Blitar tinggi," tutur Bambang kepada Wartawan, Rabu (12/08/2020).

Diuraikannya, jika diketemukan ASN menyukai unggahan foto atau video calon Walikota dan Wakil Walikota di media sosialnya, itu bisa dipastikan sebagai pelanggaran. Dinilainya, itu sudah menunjukkan sikap anetralitas ASN.

"ASN yang menyukai unggahan gambar maupun video calon wali kota di media sosial sudah bisa dikategorikan pelanggaran. Karena dari menyukai unggahan itu, menunjukkan sikap tidak netral. Apalagi ASN juga punya hak pilih di Pilwali," katanya. 

Terkini, pihaknya belum menemukan pelanggaran Anetralitas ASN. Walau begitu, jika pihaknya menemukan pelanggaran, akan dilakukan klarifikasi dan penyuratan kepada yang bersangkutan.

(Pewarta : Faisal NR)

Related News

Loading...
loading...