Tunjukkan Komitmen ke Rakyat, Ratusan Caleg PKS Jatim Tandatangani Pakta Integritas

Kamis, 07/12/2023 - 22:36
Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PKS Jatim
Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PKS Jatim

Klikwarta.com, Jawa Timur - Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PKS Jatim pada Rabu, 6 Desember 2023 yang juga dihadiri ratusan caleg DPRD Jawa Timur, ternyata juga diwarnai dengan penandatangan pakta integritas oleh caleg PKS yang hadir.

Selain caleg DPRD Jatim, Rapimwil juga dihadiri oleh ketua, sekretaris dan bendahara DPD PKS dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Selain itu, bidang BP3 dan koordinator dapil. Hadir juga Wakil Ketua DPP PKS BPW Jatijaya Amin Ak yang turut memberi arahan.

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menjelaskan bahwa Rapimwil ini merupakan tindak lanjut dari Rapimnas yang sudah digelar sebelumnya di DPP.

"Rapimnas yang digelar di Jakarta lalu merupakan kick off kampanye nasional. Dalam kegiatan itu seluruh caleg juga menandatangani pakta integritas. Ini kita lanjutkan ke caleg DPRD Jatim, juga harus menandatangani caleg," katanya. 

Dalam Rapimwil ini, ada 3 gagasan yang disampaikan kepada para peserta untuk dilanjutkan ke seluruh unsur PKS yang ada di tingkat kabupaten kota, bahkan sampai di tingkat desa. 

“Tiga gagasan PKS itu: Pangan Murah, Kerja Gampang dan Sehat Mudah. Disingkat PKS. Seluruh unsur PKS harus bergerak secara massif dan simultan untuk menyampaikan gagasan ini,” kata pria 47 tahun itu.

Pangan Murah, ia menambahkan berarti akan ada gudang pangan murah di setiap desa dan kelurahan.

Sementara Kerja Gampang, jika PKS menang akan tersedia 8 juta lapangan kerja baru.

“Sementara sehat mudah. Jika PKS menang, tunggakan iuran BPJS akan dihapus,” kata Kang Irwan.

Selain menyampaikan gagasan, Irwan menyebut bahwa Rapimwil ini diharapkan bisa membakar semangat dan menguatkan keyakinan para pengurus DPD dari 38 kabupaten kota di Jatim serta caleg DPRD Provinsi Jawa Timur yang hadir. 

"Keyakinan bahwa PKS dan AMIN akan dibanjiri pemilih. Ini harus kita yakini, karena respon positif masyarakat kepada PKS semakin hari semakin baik," katanya. 

Selain itu, momentum Rapimwil, menurut Irwan juga dimanfaatkan untuk mengingatkan komitmen para caleg DPRD Provinsi Jawa Timur dari PKS melalui penandatangan pakta integritas, jika mereka berhasil menjadi anggota legeslatif dari PKS. 

"Pakta integritas ini bagian dari wujud komitmen kepada rakyat, semua caleg PKS menandatangani ini," tegasnya.

Berikut isi pakta integritas yang ditandatangani caleg DPRD Jatim dari PKS yang dibacakan bersama dan dipandu Wakil Ketua DPP BPW Jatijaya PKS Amin Ak .

PAKTA INTEGRITAS

Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa

Saya sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Keadilan Sejahtera, berjanji setia kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan sepenuh hati untuk menjalankan hal-hal sebagai berikut:

Senantiasa menjaga integritas dan kinerja untuk menyejahterakan umat, bangsa, dan negara serta senantiasa menjaga nama baik Partai Keadilan Sejahtera dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab saya akan terus menjunjung tinggi prinsip, akhlak, serta jati diri anggota Partai Keadilan Sejahtera yang bersih, peduli, dan profesional.

Berpegang teguh kepada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, peraturan Partai Keadilan Sejahtera, serta setia kepada pimpinan Partai, seluruh keputusan dan kebijakannya selama tidak maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Menjalankan visi, misi, falsafah perjuangan, platform pembangunan dan program kerja Partai Keadilan Sejahtera dengan penuh kesadaran, keikhlasan dan sungguh-sungguh. Saya akan terus menjalankan dan memperkuat persatuan, harmoni, dan toleransi dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk berdasarkan Ajaran Islam, Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mencegah dan menghindarkan diri dari perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme serta pelanggaran hukum lainnya, dan tidak menyalahgunakan jabatan/wewenang yang diamanahkan oleh Partai dan/atau Negara sebagai sarana untuk memperkaya diri dan/atau orang lain.
Terus menempa diri agar mampu menjalankan tugas sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Kami menyatakan siap menerima tugas dari Partai jika diberi amanat untuk duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Menjalankan tugas untuk mendengarkan suara rakyat dan siap memperjuangkannya.  
Menyelenggarakan kampanye damai, mendidik, jauh dari hal-hal yang membuat ongkos politik menjadi tinggi dan menjadi sumber korupsi. Kami akan menjadikan kampanye dan Pemilu sebagai wahana pendidikan politik bagi warga masyarakat untuk mewujudkan kematangan berdemokrasi. Tidak menjadikan kampanye dan pemilu sebagai ajang perpecahan dan disharmoni bagi warga masyarakat. 

Berjanji jika terpilih saya bersama Fraksi Partai Keadilan Sejahtera akan berjuang bersama rakyat, bekerja untuk rakyat, mengutamakan kepentingan rakyat, selalu melayani rakyat dan akan tetap berada di tengah rakyat serta tidak akan meninggalkan rakyat pemilih. 

Pakta Integritas ini mengikat saya, baik sebagai Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur maupun Anggota Partai. Apabila saya tidak memenuhi Pakta Integritas ini maka saya bersedia menerima sanksi apapun yang ditetapkan oleh Partai, dan tidak akan menuntut atas sanksi yang dijatuhkan.

Demikianlah Pakta Integritas ini saya ucapkan dan Tuhan Yang Maha Esa sebaik-baik Saksi dan Penolong atas apa yang saya ikrarkan.

Pewarta : Supra

Related News