Wujudkan Ketahanan Pangan, Pangdam Resmikan Pompa Hidram Pertanian di Kabupaten Manggarai

Kamis, 08/09/2022 - 21:40
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya

Klikwarta.com, Manggarai - Labuan Bajo merupakan tempat wisata premium yang masuk dalam Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia. Kedepan, Labuan Bajo kemungkinan besar akan lebih berkembang. Hal tersebut tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dalam ketahanan pangan yang dapat didukung melalui Pompa Hidram guna memenuhi kebutuhan air untuk pertanian.

Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya saat acara peresmian Pompa Hidram Pertanian dan Pencanangan Desa Pancasila di Desa Persiapan Ulungali, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (8/9/2022).

d

Disampaikan Pangdam, bahwa di wilayah Kodam IX/Udayana yang terdiri dari 3 Provinsi (Bali, NTB dan NTT) masih terdapat masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air untuk pertanian bahkan kebutuhan sehari-hari. Mengatasi persoalan tersebut, Kodam IX/Udayana telah mengambil langkah sesuai dengan Program TNI AD, untuk membangun Pompa Hidram khususnya di wilayah Provinsi NTT.

"Program TNI AD Manunggal Air melalui pembangunan-pembangunan Pompa Hidram ini telah dicanangkan oleh Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Hal ini merupakan wujud TNI AD yang harus berada di tengah-tengah masyarakatnya, serta berupaya untuk mengatasi dan mencari solusi atas kesulitan masyarakatnya," ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan bahwa kehadiran Pompa Hidram ini nantinya dapat membantu pertanian yang menghasilkan pangan berlimpah dan berkualitas yang akan bermuara pada peningkatan gizi masyarakat untuk mengatasi stunting di wilayah Kodam IX/Udayana.

"Selain untuk mendukung perkembangan pariwisata dan ekonomi di wilayah Kabupaten Manggarai, hadirnya Pompa Hidram di Desa Persiapan Ulungali ini juga diharapkan dapat menjadi solusi kesulitan masyarakat akan kebutuhan air, guna menekan tingginya angka kasus stunting di Provinsi NTT," demikian harap Pangdam.

t

Sementara itu, Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit, S.E., M.A., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas kedatangan Pangdam IX/Udayana ke Kabupaten Manggarai, guna meresmikan Pompa Hidram di Desa Persiapan Ulungali untuk membantu mengatasi masalah air terutama dalam mengairi sawah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kodam IX/Udayana dan jajarannya yang telah membantu masyarakat kami keluar dari masalah ini. Perlu kami sampaikan bahwa dengan hadirnya Pompa Hidram ini, maka akan semakin luas wilayah yang bisa ditanami padi untuk dua kali musim tanam. Total ada 85 hektar saat ini dapat terlayani oleh pengairan yang biasanya hanya satu kali musim," ungkap Bupati.

Selain itu, Herybertus juga mengatakan bahwa dengan hadirnya Pompa Hidram di Desa Persiapan Ulungali ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pangan dan meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Manggarai.

Usai kegiatan peresmian Pompa Hidram dan pencanangan Desa Pancasila, Pangdam yang didampingi Asops Kasdam, Aslog Kasdam, Dandeninteldam IX/Udayana serta Dandim 1612/Manggarai menuju Makodim 1612/Manggarai guna memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1612/Manggarai.

(Kontributor: Arif)

Related News