Ziarah ke Makam Pendiri NU, Ketua PKS Jatim Ajak Teladani Semangat Perjuangan Ulama dalam Peringati HUT Kemerdekaan ke-78

Rabu, 09/08/2023 - 12:19
PKS Jatim menggelar ziarah ke makam Syaikhona Cholil dan KH Hasyim Asyari, serta KH Wahab Hasbullah, Selasa 8 Agustus 2023.
PKS Jatim menggelar ziarah ke makam Syaikhona Cholil dan KH Hasyim Asyari, serta KH Wahab Hasbullah, Selasa 8 Agustus 2023.

Klikwarta.com, Jatim - Untuk menjadi pejuang perlu sosok yang dijadikan teladan. Hal itulah yang melatarbelakangi PKS Jatim menggelar ziarah ke makam Syaikhona Cholil dan KH Hasyim Asyari, serta KH Wahab Hasbullah, Selasa 8 Agustus 2023.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dalam kesempatan itu meminta pada pengurus, juga anggota legeslatif, serta caleg dari PKS yang hadir agar bisa meneladani perjuangan para ulama merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, KH Hasyim Asyari punya peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad yang dikeluarkan menjadi pengobar semangat para santri dan pejuang kala itu.

Kegiatan Ziarah dan Tahlil ke Makam Pahlawan Nasional dan Sesepun Nahdlatul Ulama yang digelar PKS Jatim itu juga dibersamai belasan kiai dan habaib.

Menurut Irwan, ziarah ini menjadi sangat istimewa, karena dilakukan bersama para kiai dan habaib NU. 

Beberapa kiai dan habaib yang hadir yaitu KH Sholahul Aam Wahib Wahab atau yang akrab dipanggil Gus Aam, KH Ghozi Wahib Wahab, KH Malik, KH Zaenuddin Husni, KH Yahya Romli, KH Makmun, KH Munif, KH Hafidz, KH Dimyati, KH Mas Mansyur, KH Basiruddin dan Habib Taufik Al Jufri. Selain itu turut serta para Caleg DPR RI dari PKS di antaranya Amin, Sutrisno, Dwi Hari Cahyono, Jawahir Afandi, Meitri Citra Wardani, Jalaludin Alham, Didit, termasuk Gus Aam. 

"Istimewa, ini pertama kali kami ziarah ditemani para kiai dan habaib, in syaa Allah membawa keberkahan," harap Irwan. 

Dalam sambutannya menjelang pemberangkatan, pria 47 tahun ini meminta pengurus dan anggota, dan caleg PKS yang hadir untuk meneladani para ulama yang menjadi garda terdepan dalam merebut kemerdekaan RI. 

"Sebagaimana yang telah kita ketahui, KH Hasyim Asyari dengan resolusi jihadnya membakar semangat para pejuang Indonesia termasuk Bung Tomo. Mudah-mudahan kita bisa mewarisi semangat para ulama dan pejuang itu. Untuk itulah, kita dulu juga memperjuangkan adanya diorama resolusi jihad di museum 10 November," tegasnya.

Ia bercerita, sebelumnya, tidak ada diorama yang menceritakan tentang proses resolusi jihad KH Hasyim Asyari. 

Kemudian Hidayat Nur Wahid yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, bersama angggota legeslatif PKS di DPRD Jawa Timur dan Surabaya mengusulkan dan mengawal hingga saat ini diorama resolusi jihad bisa disaksikan semua masyarakat.

"Agar kita semua bisa meneladani. Termasuk dengan kegiatan Ziarah ke makam pahlawan dan pendiri NU saat ini. Matur nuwun Gus Aam yang sudah menginisiasi kegiatan ini. Termasuk Ziarah ke makam KH. Wahab Hasbullah yang menjadi pendiri dan penggerak NU," katanya.

Gus Aam yang dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan seperti yang dilakukan PKS saat ini, Cucu pendiri NU itu berharap PKS bisa tumbuh besar dan mencapai target yang agar bisa terus melayani ummat.

Dalam agenda ziarah ini. Beberapa tempat akan dikunjung yaitu makam Sunan Ampel, makam KH Syaikhona Cholil di Bangkalan, ke makam KH Hasyim Asyari dan KH Wahab Hasbullah.

Pewarta: Supra

Related News