98 Warga Rohingya Terdampar di Laut Aceh Utara Direlokasi

Kamis, 25/06/2020 - 22:37
98 Warga Rohingya Terdampar di Laut Aceh Utara
98 Warga Rohingya Terdampar di Laut Aceh Utara

Klikwarta.com, Lhokseumawe - Sebanyak 98 warga rohingya yang terdampar di perairan Lancok Kabupaten Aceh Utara akhirnya direlokasi ke eks Kantor Imigrasi di Blang Mangat Kota Lhokseumawe.

Ribuan masyarakat menyaksikan pemindahan 98 warga rohingya tersebut dan disaksikan langsung oleh Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, mewakili Bupati Aceh Utara, Asisten, Risawan Bentara.

98 warga rohingya tersebut di pindahkan dan mereka diangkut dengan truk aparat keamanan dan milik Basarnas. Sedangkan yang sakit  dan lemas langsung dibawa dengan ambulan ke RSU Cut Mutia, Aceh Utara.

Seorang warga Geudong Kecamatan Samudera yang saat diwawancara klikwarta.com tidak ingin disebutkan namanya mengatakan rasa syukur kepada Allah S.W.T dan terima kasih kepada pemerintah karena saudara sesama muslim yang berasal dari Rohingya sudah direlokasi ke penampungan sementara. Menurutnya apapun alasan yang disampaikan oleh pemerintah. Namun rasa kemanusian harus juga diutamakan.

"Coba abang lihat banyak anak-anak, balita dan orang tua yang sangat butuh pertolongan kita disini, apa tega kita usir mereka", katanya.

Rombongan WNA asal Rohingya tersebut sebelum mendarat terlebih dahulu ada suasana ’panas’ cekcok dengan petugas dilapangan dimana nelayan Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, ngotot agar pengungsi ditarik ke darat.

Namun, pukul 16.00 WIB, tiba-tiba sebuah boat kecil mendekati KM yang bermuatan penuh etnis Rohingya. Sedangkan masyarakat yang meyaksikan dibibir pantai berteriak agar warga rohingya tersebut ditarik ke darat.

Mendapat dukungan penuh, jangkar KM 2017.811 diangkat ke kapal. Tali pun dilepas dan penarikan KM  berjalan lancar. Walaupun sempat terjadi adu mulut dengan petugas di lokasi.

(Pewarta : Waldi)

Related News

Loading...

pers

loading...