Berdayakan Komunitas Touring Wirausaha Bengkel Otomotif

Minggu, 13/09/2020 - 17:11
Reses Anggota DPRD Jawa Timur daerah pemilihan V (Jember-Lumajang) Deni Prasetya
Reses Anggota DPRD Jawa Timur daerah pemilihan V (Jember-Lumajang) Deni Prasetya

Klikwarta.com, Jatim - Pandemi covid-19 mengharuskan pemuda yang tergabung dalam komunitas touring untuk wirausaha. Terutama di bidang otomotif. Untuk itu diperlukan bantuan modal dan pelatihan dalam rangka memberdayakan anak muda demi mengurangi angka pengangguran.

Anggota DPRD Jawa Timur daerah pemilihan V (Jember-Lumajang), Deni Prasetya mengatakan, dalam serap aspirasi di Desa Gumelar Kecamatan Balung, Jember ada beberapa masukan dari masyarakat, khususnya dari kalangan pemuda. Komunitas- komunitas ini ingin memiliki skill dalam berwirausaha. Mengingat saat ini mencari lapangan kerja sulit. Apalagi di tengah pandemi covid-19.

"Ada masukan dari komunitas  soal pemberdayaan seperti bidang perbengkelan," ujar Deni, saat mendengarkan aspirasi masyarakat, Minggu 13 September 2020 malam.

Politisi asal Partai NasDem ini memahami keinginan anak pemuda yang tergabung dalam komunitas touring. Mengingat mereka berkecimpungan di dunia otomotif, terutama kendaraan bermotor roda dua.

Pria yang merupakan anggota Komisi D DPRD Jatim itu mengaku pembedayaan yang diharapkan oleh pemuda adalah pemberian pelatihan oleh pihak terkait. Mengingat di jaman modern seperti saat ini kendaraan mesin injeksi banyak diminati masyarakat, daripada memakai kalbulator. 

Masyarakat lebih menyukai mesin injeksi karena pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih irit daripada kalbulator.

"Komunitas karena berkecimpungan di motor atau touring, yang pantas adalah otomotif perlu adanya pembedayaan bentuk pelatihan. Karena awalnya memakai mesin kalbulator beralih ke injeksi sehingga butuh pemahaman khusus karena berbeda," tuturnya.

Selain otomotif, generasi muda juga meminta adanya pembelian kompresor las. Dengan begitu, pemuda dapat menciptakan lapangan kerja sendiri berupa bengkel las.

"Pelatihan yang diminta- teman. Bahkan ada usulan permintaan alat kompresor las," tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, ada beberapa warga Desa Gumelar yang ingin adanya pavingnisasi jalan Desa Gumelar dan plengsengan sungai.

(Pewarta : Supra)

Related News

Loading...
loading...