Cegah Penyebaran Covid 19, Wakil Bupati Kendal Himbau Masyarakat Buka Puasa di Rumah

Kamis, 06/05/2021 - 16:57
Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki
Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki

Klikwarta.com, Kendal – Wakil Bupati Kendal Jawa Tengah meminta masyarakat untuk berbuka puasa dan sahur di rumah saja bersama keluarga. Hal itu dimaksudkan untuk pencegahan penyebaran Covid 19. Sebab diketahui akhir-akhir ini kasus Covid 19 terjadi peningkatan di wilayah Jawa Tengah. Masyarakat juga diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu sore Kemarin (5/5/2021).

“Kalau kemarin-kemarin hotel dan restoran, warung makan, kafe dan sejenisnya yang menyediakan fasilitas buka bersama membatasi jumlah pengunjung, 50 persen dari kapasitas yang ada. Tapi sekarang sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri hanya boleh untuk satu keluarga inti plus 5 orang,” kata Wabup Basuki.

Para pengelola restoran, rumah makan, kafe dan sejenisnya bisa mengutamakan layanan take away atau bawa pulang.  Sedangkan saat malam hingga imsak diimbau menggunakan jasa kurir. Mereka juga harus beroperasi dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat .

Tempat penjualan makanan dan bakery dalam melayani pembeli harus memakai masker dan sarung tangan.

Sedangkan untuk perayaan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021, Pejabat, ASN, OPD atau Instansi juga dilarang mengadakan acara open house atau Halal Bihalal.

“Forkompinda Kendal secepatnya akan melakukan upaya upaya antisipasi guna mencegah penyebaran Covid 19. Pusat-pusat keramaian, pasar, toko-toko terus kita pantau. Kami juga melakukan penyekatan di beberapa titik untuk mengantisipasi pemudik masuk ke wilayah Kendal,” terang Wabup Basuki.

Dikatakan Wabup Basuki, bagi pemudik yang masuk wilayah Kendal akan dilakukan 3T yakni Tracing, Testing, Treatment dan di minta putar balik. Dan bagi warga Kendal yang nekat mudik, selain dilakukan 3T juga akan dikarantina selama satu minggu.  

Pewarta: Peni Kusumawati

Related News

loading...