Fakultas Kesehatan Masyarakat Unaya Gelar Workshop Pembelajaran Daring LMS

Kamis, 24/09/2020 - 21:43
Workshop Pembelajaran Daring LMS
Workshop Pembelajaran Daring LMS

Klikwarta.com, Banda Aceh - Untuk meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa terkait proses pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan Learning Mangement System (LMS). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Abulyatama menggelar Workshop E-Learning dengan tema "Penguatan dan Pemanfaatan LMS Unaya di Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh dekan FKM, Lensoni, M.Kes bertempat di kampus Universitas Abulyatama, turut hadir Wakil dekan FKM, Ka Prodi FKM, Dosen FKM dan beberapa perwakilan mahasiswa FKM. Rabu (23/9/2020) 

Dekan FKM Unaya Bapak Lensoni, M.Kes menyampaikan tujuan diadakannya workshop ini untuk proses  pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan sistem LMS. Melalui LMS,  mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan, discussion board melalui forum diskusi, chatroom, serta mengakses tugas kuliah yang diberikan dosen di masa pandemi.

Disisi lain kata Lensoni, Dosen dipacu supaya lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran secara online yakni dengan membuat video pembelajaran dalam bentuk tutorial yang diupload di Youtube, memaksimalkan penggunaan Google Classroom, Whatsaap Group dan aplikasi video conferencing seperti Zoom maupun Moodle. 

"Tentunya penggunaan teknologi dari sistem pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini tentunya memiliki sisi positif maupun negatif. Sisi positif dari pembelajaran daring salah satunya adalah munculnya berbagai ide kreatif dari pengguna baik dosen maupun mahasiswa sebagai upaya tercapainya tujuan pembelajaran,"jelasnya.

Selanjutnya efektivitas waktu juga menjadi point positif lainnya, sementara sisi negatif adalah terkendalanya proses pembelajaran karena beberapa daerah terhambat dengan infrastruktur jaringan internet yang belum baik sehingga kualitas transfer data baik gambar maupun suara menjadi kurang maksimal. 

"Universitas Abulyatama mencoba membangun pola pembelajaran daring secara bertahap melalui pengembangan LMS, dan FKM mendukung agar para dosen dan mahasiswanya dapat cepat beradaptasi sehingga proses pembelajaran dapat terus berjalan meskipun terjadi Pandemi."tutup Lensoni.

Riki Musriandi, S.Pd.I, MPd pada acara workshop ini sebagai Narasumber juga menjelaskan secara detail proses untuk melaksanakan pembelajaran daring dengan LMS baik untuk dosen maupun mahasiswa Acara workshop ini dilaksanakan di gedung rapat FKM dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Ayo...daftarkan diri anda di FKM Unaya," ajak Riki di sela-sela mengupas Materi dalam kesempatan itu.

(Pewarta : Saqil)

Tags

Related News

Loading...
loading...