Kapolres Pasaman Barat Lakukan Pengecekan di Gudang Logistik Pemilu, Kantor Bawaslu Serta Kantor KPU

Selasa, 19/12/2023 - 21:42
Kapolres Pasaman Barat Lakukan Pengecekan di Gudang Logistik Pemilu
Kapolres Pasaman Barat Lakukan Pengecekan di Gudang Logistik Pemilu

Klikwarta.com, Pasbar - Dalam rangka Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melaksanakan kunjungan sekaligus pengecekan dibeberapa kantor pelaksana Pemilu 2024, Selasa (19/12/2023).

Kunjungan dan pengecekan tersebut dilaksanakan di Kantor Bawaslu Pasaman Barat, Kantor KPUD Kabupaten Pasaman Barat serta gudang logistik KPU yang berada di Jalan Tuanku Sasak Jorong Katimaha, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabpaten PAsaman Barat.  

AKBP Agung Basuki dalam kesempatannya mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka mengecek personel Polres Pasaman Barat yang bertugas jaga ditiga kantor penyelenggara Pemilu 2024. Disamping itu, hal tersebut juga untuk melatih kesiap-siagaan personel dalam bertugas mengamankan pelaksana Pemilu 2024.

Pengecekan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya memastikan keamanan logistik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang.

Kapolres Pasaman Barat tiba di gudang logistik KPU pada pukul 14.00 Wib dengan didampingi oleh Kasat Intelkam AKP Boby Sandra, Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fathur. R, Kasi Was AKP Alwi serta Kasi Propam Iptu R. Pasaribu dan disambut oleh petugas keamanan dari Polres Pasaman Barat dan juga anggota KPU. Dalam pengecekan tersebut, Kapolres fokus untuk memastikan keamanan logistik yang akan dipergunakan dalam proses Pemilu.

“Kami sangat mengutamakan keamanan logistik Pemilu di wilayah kita. Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan aman,” ujar AKBP Agung Basuki.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres Pasaman Barat meninjau langsung kondisi gudang logistik. Kapolres juga melihat secara langsung berbagai macam logistik Pemilu 2024 yang sudah mulai masuk ke gudang, seperti bilik suara, segel plastik/kabel ties, segel, tinta, spidol dan lain-lain.

“Saya ingin memastikan bahwa gudang logistik ini bebas dari potensi kerawanan keamanan. Kita harus bekerja sama untuk menjaga integritas dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu,” tambahnya.

Selama pengecekan, Kapolres juga berinteraksi langsung dengan petugas KPU yang bertanggung jawab atas gudang logistik. Dia memastikan bahwa prosedur keamanan meliputi kamera pengawas (cctv) dan penyimpanan logistik Pemilu sesuai dengan standar serta kondisi bangunan yang kedap air agar tidak merusak logistik Pemilu. 

Kapolres Pasaman Barat pun mengapresiasi langkah KPU Kota Pasaman Barat yang sudah mempersiapkan logistik Pemilu 2024 dengan baik. Kapolres juga berkomitmen untuk memberikan pengamanan secara maksimal terhadap logistik Pemilu 2024.

“Kami akan memberikan pengamanan secara maksimal terhadap logistik Pemilu 2024. Kami akan bersinergi dengan KPUD Kabupaten Pasaman Barat untuk menjaga keamanan dan keutuhan logistik Pemilu 2024,” kata Kapolres Pasaman Barat.

Pengecekan gudang logistik ini juga dianggap sebagai langkah preventif untuk menghindari potensi masalah yang dapat muncul selama proses distribusi logistik. AKBP Agung Basuki menegaskan bahwa keamanan logistik menjadi prioritas utama demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan kondusif.

Setelah pengecekan Gudang logistik KPUD, Kapolres bersama rombangan bergerak ke kantor Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat untuk terus berkoordinasi dan berdiskusi apabila ada permasalahan selama proses tahapan Pemilu agar situasi selama tahapan Pemilu dapat ditangani dengan cepat, aman dan kondusif.

Kunjungan Kapolres dilanjutkan ke kantor KPU, disini Kapolres bertemu dengan Ketua KPU Kabupaten Pasaman Barat Alfi Syahrin yang berkoordinasi terkait kesiapan pencetakan dan pengiriman logistik surat suara Pemilu 2024.
  
Dengan berakhirnya pengecekan di kantor KPUD Kabupaten Pasaman Barat pada pukul 15.20 Wib, AKBP Agung Basuki menegaskan kesiapan pihak Kepolisian dalam mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan tertib diwilayah hukumnya. Pihaknya berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan semua stakeloder terkait guna menjamin keberhasilan dan integritas Pemilu 2024 di Kabupaten Pasaman Barat.

Pewarta : Dedinofrizal

Related News