Klikwarta Fasilitasi Kreatifitas Anak Muda

Foto bersama M Bisri Mustofa dengan GM Klikwarta.com
Foto bersama M Bisri Mustofa dengan GM Klikwarta.com

Klikwarta.com - Jumat malam (14/09/18) menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri untuk Muhammad Bisri Mustofa (23), selaku Mahasiswa tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Bengkulu sekaligus Calon Wartawan Klikwarta. Pasalnya, setelah melalui proses panjang berdedikasi dan menimba ilmu kesana-sini di sela-sela sibuknya mengerjakan Tugas Akhir semester (Skripsi), ia sanggup memecahkan kebuntuan menjadi sebuah proses yang positif. Karya perdana Buku Kumpulan Puisi "Teras Senja", menjadi salah satu jejak dalam membuka karirnya di dunia kepenulisan.

Muhammad Bisri Mustofa, salah satu Mahasiswa UMB, prodi FKIP. Bahasa dan Sastra Indonesia, Semester 10, berinisiatif memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia kepenulisan khususnya hal yang berhubungan dengan karya sastra-sosial. Hal ini berkaitan dengan mulai menurunnya minat Mahasiswa dalam berkreasi dan aktif berkontribusi untuk negeri. Ada banyak sekali hal yang menjadi alasan pada mahasiswa berdedikasi dan menyalurkan talentanya di dunia menulis. Dalam Buku Puisinya "Teras Senja" ada banyak sekali makna yang terkandung secara tersirat maupun lugas yang disampaikan oleh penulisnya. salah satunya adalah judul besarnya dalam penerbitan buku. 

"Teras Senja" Puisi yang mengangkat sebuah kisah di mana semua meninggalkannya dalam kondisi kesepian, butuh motivasi, dan teman dalam menjalani beratnya tugas akhir semester. Bisri menuturkan, "Buku ini saya buat dengan judul teras senja, karena memang keadaan berbicara secara rasional, dalam kondisi butuh suport dan teman dalam berkeluh kesah, saya ditinggalkan, baik kekasih, dan juga sahabat saya sendiri. Bayangkan, bagaimana penatnya menjalani penelitian skripsi yang notabene sukar dan membosankan ini, enam bulan lamanya, berkecamuk dengan lembaran-lembaran data yang berserakan dalam akal dan fikiran, pokoknya waktu itu saya sedang stress dan timbul keinginan untuk balas dendam kepada orang-orang yang meninggalkan saya. Namun Tuhan Maha Bijaksana, menempatkan jemarinya dalam hati untuk tetap sabar dan tawakal. Dari situlah timbul keinginan untuk merubah warna kehidupan menjadi sesuatu yang positif", terangnya sambil tersenyum khas.

Selanjutnya, dia mengungkapkan mengenai bocoran isinya adalah kisah di mana puisi ini dibuat dengan situasi kebosanan seseorang yakni penulis dalam menjalani hari-harinya, dia terus mencari-cari relasi antara kesepian dengan mencari jati diri, dan menemukan titik damai di mana senjalah salah satu media menuangkan gundah gulana. 

Berkenaan hal tersebut, Bisri datang menemui GM Klikwarta.com, Like Jansen (28), dan menuangkan kegalauannya serta berinisiatif untuk menjalani kehidupan sebagai seorang penulis. Dengan latar belakang perkenalan singkat di sebuah forum menulis, akhirnya Jansen memberikan arahan berupa tatacara menjadi seorang penulis yang profesional dan kreatif. Tak sampai di situ, ia pun mengajak Bisri untuk bergabung dalam karir jurnalistik sebagai satu acuan untuk mengasah kemampuan menulisnya. 

Buku Kumpulan Puisi "Teras Senja" menjadi pembuka jalannya dalam menerapkan arahan Like Jansen. Selanjutnya, Buku yang akan diterbitkan di bawah wewenang Klikwarta.com, adalah buku Kumpulan cerpen dan kumpulan syair yang akan rilis bulan oktober nanti. Mengenai bocoran judul buku yang akan diterbitkan nanti, yaitu "INISIAL" berupa buku kumpulan cerpen, dan "PARUH WAKTU, aku" berupa buku kumpulan syair. (FR) 

Related News