Mengenal Asuransi Perjalanan Lengkap dengan Perhitungan Preminya

Rabu, 03/08/2022 - 18:12
ilustrasi
ilustrasi

Sesuai dengan namanya, asuransi perjalanan merupakan produk yang berkaitan dengan tanggungan-tanggungan perjalanan Anda.

meskipun dengan membeli asuransi satu ini Anda bisa mengcover kerugian akibat kecelakaan, tetap saja jenis asuransi satu ini berbeda dengan asuransi kecelakaan.

Nah, yang membuat asuransi perjalanan memiliki cukup berbeda dengan asuransi kecelakaan adalah kejadian-kejadian seperti risiko seperti sakit, kehilangan bagasi, keterlambatan jadwal penerbangan, yang tentu tidak bisa dicover asuransi kecelakaan.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui mengetahui lebih jauh pembahasan seputar asuransi perjalanan lengkap dengan perhitungan premi asuransi.

Mengenal Apa Itu Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan dikenal sebagai produk asuransi yang memberikan perlindungan terkait risiko kerugian saat Anda melakukan perjalanan.

Tidak heran, jika asuransi satu ini sangat dianjurkan untuk Anda miliki khususnya bagi yang mempunyai kesibukan besar sehingga membuat Anda sering pergi keluar kota hingga luar negeri. Tentu dampaknya bisa meminimalisir kerugian finansial saat melakukan perjalanan tadi.

Memang kepemilikan asuransi perjalanan tidak diwajibkan, namun peran pentingnya membuat Anda sebaiknya memiliki asuransi satu ini terlebih ketika Anda adalah seorang part time traveler yang sering menempuh perjalanan dengan berbagai macam tujuan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Melihat definisinya saja sudah bisa Anda tebak bahwa asuransi perjalanan sangatlah penting untuk Anda miliki.

Di samping itu, manfaat dan jaminannya juga sangat tepat untuk Anda yang sedang mempersiapkan keberlangsungan perjalanan Anda ke depannya. Di antara manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Mendapat ganti rugi dan kehilangan bagasi

Manfaat pertama yang Anda bisa rasakan secara langsung adalah adanya ganti rugi dan kehilangan bagasi.

Hal tersebut dikarenakan ketika Anda membeli polis ini, biaya kehilangan atau kerusakan bagasi akan ditanggung.

2. Ganti rugi biaya perjalanan yang molor

Manfaat selanjutnya adalah pengganti rugian biaya perjalanan yang terlambat, molor, atau tiba-tiba mendadak delay. Akibat keterlambatan tersebut tentu akan membuat Anda rugi terlebih ketika rencana perjalanan seperti check in hotel sudah dipersiapkan dengan matang.

Nah, semua kerugian akibat keterlambatan keberangkatan karena kesalahan pihak travel, bisa dicover dengan asuransi perjalanan.

3. Perlindungan saat sakit diperjalanan

Jangan khawatir, melalui asuransi perjalanan, Anda juga akan mendapatkan perlindungan saat sakit di perjalanan.

Tidak hanya asuransi jiwa yang bisa memberikan manfaat akibat kejadian tidak terduga. Khususnya untuk pihak keluarga.

Asuransi perjalanan di masa Anda melakukan perjalanan ternyata mengalami hal yang tidak terduga seperti kematian, maka uang pertanggungan yang Anda bayarkan, akan dilimpahkan bagi tertanggung atau pihak keluarga tertanggung.

Perhatikan Hal Ini saat Membeli Asuransi Perjalanan

Sebelum mengetahui cara menghitung premi asuransi dan memutuskan membeli produk asuransi jenis perjalanan, pastikan Anda juga memahami detail produk asuransi apa yang hendak dibeli.

Sebab, beda jenis produk tentu memiliki perbedaan harga, manfaat, hingga pertanggungannya. Lihat apakah jenis perjalanan Anda untuk wisata, kerja, atau kepentingan lainnya sehingga bisa menentukan jenis asuransi perjalanan yang tepat.

Jangan lupa untuk pastikan jangka waktu perjalanan, tempat perjalanan, hingga jumlah tertanggung. Apakah memiliki tujuan ke luar negeri yang rawan konflik atau tidak, juga patut dipertimbangkan karena akan menentukan pengajuan asuransi yang nantinya akan diterima atau tidak.

Selain itu, tempat perjalanan Anda apakah di itinerary nanti akan mengunjungi tempat yang tergolong rawan bencana atau tidak. Lihat juga tujuan perjalanan.

Pasalnya, jika kecelakaan yang terjadi saat berlibur disebabkan oleh kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal extreme, seperti banana boat dan paralayang atau lainnya, tentu bisa jadi perusahaan asuransi kurang setuju menerima pengajuan asuransi Anda sehingga tidak bisa meng-covernya.

Cara Menghitung Premi Asuransi

Setelah Anda mengetahui berbagai macam hal terkait asuransi perjalanan, selanjutnya Anda akan mengetahui cara menghitung premi yang dapat dihitung dengan rumus di bawah:

Tarif Premi x Total Harga dari Pertanggungan = Jumlah Keseluruhan Premi

Perlu diingat bahwa cara menghitung premi asuransi di atas tentu sangat bergantung pada setiap jenis perusahaan penyedia asuransi. Itu sebabnya perlu Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan terbaik dan tepat.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa ketika harga objek yang dipertanggungkan ternyata lebih rendah dibandingkan dengan harga pasaran, maka Anda sebagai nasabah bisa berpotensi memperoleh dana ganti rugi yang tentunya lebih kecil dari seharusnya atau biasa disebut sebagai istilah underinsured.

Sementara, ketika harga yang dimaksud ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasaran, maka dana yang dapat Anda klaim tentu tidak akan lebih besar dari ketentuan atau dikenal dengan istilah overinsured.

Related News