Pakai Uang Pribadi, Anggota Dewan Ini Perbaiki Jalan Desanya Sepanjang 4 Km

Kamis, 26/03/2020 - 09:37
Jalan Desa Sepanjang 4 Km yang diperbaiki
Jalan Desa Sepanjang 4 Km yang diperbaiki

Klikwarta.com, Batang Hari - Anggota DPRD Batang Hari Muhamad Zen yang merupakan warga desa Bungku, kecamatan Bajubang, Kabupaten Batang Hari, provinsi Jambi menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk memperbaiki jalan sepanjang 4 kilometer di desanya, tepatnya di RT 6 Dusun 2 Johor Baru dan RT 18 dusun 4 Kunangan Jaya.

Dalam pelaksanaan perbaikan jalan tersebut, Muhamad Zen bekerjasama dengan Pirman selaku Ketua Koperasi Berkah Bersatu yang turut memotori perbaikan jalan tersebut, yang mana peran Koperasi Berkah Bersatu yaitu melakukan pembebasan perluasan jalan dari warga setempat.

Diketahui, awalnya, jalan tersebut hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, namun setelah diperbaiki jalan tersebut menjadi lebih luas dan bisa dilewati kendaraan roda empat.

Muhamad Zen yang juga merupakan mantan kepala Desa Bungku tiga periode tersebut, saat diwawancarai media ini, mengatakan dirinya memperbaiki jalan tersebut karena keinginannya sendiri dan atas permintaan warga dusun 2 Johor Baru dan Dusun 4 Kunagan Jaya 1.

"Perbaikan menggunakan dana pribadi saya dan tidak ada kaitannya dengan dana pemerintah, walau pun kini saya sebagai wakil rakyat dari Desa Bungku kecamatan Bajubang", katanya.  

"Perbaikan jalan tersebut sudah selesai dikerjakan, yang mana pekerjaan tersebut dilaksanakan selama satu bulan menggunakan satu unit alat berat dan hari ini saya serahkan kepada pemerintah desa Bungku agar jalan tersebut bisa dirawat oleh masyarakat", jelasnya,  Selasa  (24/03/2020) di kantor Desa Bungku usai penyerahan jalan tersebut kepada kepala Desa Bungku.

ll

Lanjut Muhamad Zen, lahan untuk area jalan sepanjang empat kilometer itu sudah dibebaskan oleh warga yang ditandai dengan surat pernyataan dari pemilik lahan yang diwakilkan oleh Pirman sebagai ketua Koperasi Berkah Bersatu.

"Dengan dibuka jalan tersebut, para petani tidak lagi susah payah mengeluarkan hasil perkebunannya serta tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar lagi untuk mengangkut hasil perkebunannya. Sebab di wilayah jalan yang diperbaiki tersebut terdapat lahan perkebunan milik warga dengan luas 6000 hektare", terangnya.

Disamping itu, kata Muhamad Zen, jalan ini juga untuk memudahkan akses menuju perumahan warga yang dihuni sebanyak 1000 kepala keluarga. "Sebelumnya ribuan kepala keluarga itu sedikit terisolir, karena tidak memiliki jalan yang layak, jalan ini awalnya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan setelah diperbaiki, alhamdulillah sekarang bisa dilalui kendaraan roda empat", ungkap politisi PAN ini.

d

Sementara Kepala Desa Bungku Yusri Edi didamping Pirman selaku ketua Koperasi Berkah Bersatu dan Pujo selaku ketua BPD Desa Bungku kepada wartawan mengatakan, pihaknya sebagai pemerintah desa sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada pak Muhamad Zen yang telah melakukan perbaikan jalan tersebut.

"Selama ini masyarakat dusun 4 Kunangan Jaya 1 bertahun-tahun menjual hasil perkebunannya ke Kabupaten Muara Jambi, dengan diperbaikinya jalan ini maka masyarakat juga bisa menjual hasil pertaniannya ke Kabupaten Batang Hari sehingga akan meningkatkan PAD Batang Hari", ungkap Kades.

Selain memudahkan petani, kata Kades, jalan tersebut juga bakal memudahkan aktivitas penduduk yang ada. Karena jalan tersebut menghubungkan RT 6 Dusun 2 johor Baru dan RT 18 dusun 4 Kunagan Jaya 1.

"Perekonomian masyarakat kita harapkan semakin meningkat dengan akses jalan yang cukup baik ini. Saya berharap pula pemerintah Batang Hari lebih memperhatikan desa kami lagi", harapnya.

Sementara Pirman selaku ketua Koperasi Berkah Bersatu mengatakan perbaikan jalan yang dilakukan oleh Muhamad Zen dengan mengunakan dana pribadinya sangat diapresiasi dan masyarakat setempat sangat berterima kasih. 

"Semoga dewan-dewan yang lain seperti pak M Zen", ungkapnya.

Lebih lanjut Pirman menambahkan jalan ini merupakan infrastruktur yang sangat besar. "Jika tidak ada jalan, pengembangan pertanian dan perkebunan akan berjalan lamban dan ekonomi di desa kami pasti lemah. Itu sudah pasti, Dulu sangat susah. Hanya jalan setapak yang bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Itupun licin dan berlumpur. Banyak tanah yang tidak digarap karena tidak ada jalan, untung ada pak Zen yang mau melakukan perbaikan", ungkapnya lagi.

Penyerahan perbaikan jalan tersebut dihadiri langsung Muhamad Zen, Camat Bajubang Ardani Sayuti, kades Bungku Yusri Edi, Pirman ketua Koperasi Berkah Bersatu, Pujo ketua BPD desa Bungku dan anggota, kadus , RT , tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. 

(Pewarta : Andre)

g

Related News

Loading...

pers

loading...