Pimpin Rapat, Bupati Seluma Memutuskan Waktu Sebulan Untuk Penyelesaian Sengketa HGU Desa Jenggalu

Senin, 19/04/2021 - 15:09
Bupati Seluma Memutuskan Waktu Sebulan Untuk Penyelesaian Sengketa HGU Desa Jenggalu
Bupati Seluma Memutuskan Waktu Sebulan Untuk Penyelesaian Sengketa HGU Desa Jenggalu

Klikwarta.com, Seluma - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) tindak lanjut penyelesaian sengketa lahan HGU di Desa Jenggalu, Senin (19 April 2021) dengan mengundang  Wakil  Bupati Seluma, Pemerintah Desa (Pemdes) Jenggalu, Pihak PT. AGRI ANDALAS, unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Seluma, Kejari Seluma, Pihak Polres,Seluma,Kodim Seluma,Camat Sukaraja dan Seluruh unsur Forkompimda Seluma. 

Rapat yang dimulai sekutar Pukul 11:00 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Seluma dan bertempat di ruang rapat Bupati Seluma. 

Setelah dibuka oleh Bupati Seluma, kesempatan pertama diberkan Kepada pihak  PT. AGRI ANDALAS yang diwakili oleh menegementnya, Hasan. 

"Meskipun HGU sudah habis masa berlakunya, namun kami masi punya hak keperdataan sebagaimana yang diatur dalam undang-undang", tutur Hasan. 

E

Menanggapi penyataan pihak PT. AGRI ANDALAS tersebut, dalam penyampaiannya, Kepala Desa (Kades) Jenggalu, Joni Midarling ST mewakili Pemdes dan Masyarakat Desa Jenggalu meminta kejelasan dari Pemda Seluma terkait status lahan X HGU PT. Jenggalu Permai yang telah habis masa berlakunya tahun 2016 lalu. 

"Kami mendesak Pihak Pemda Seluma, dalam hal ini Bupati Seluma untuk segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait status lahan X HGU PT. Jenggalu Permai yang telah habis masa berlakunya sejak tahun 2016 lalu", kata Joni. 

"Mengingat tidak adanya satupun SPT pajak atas mama PT. AGRI ANDALAS yang telah beroprasi selama 26 tahun di Wilayah Desa Jenggalu, maka kami meminta Kepada aparat penegak hukum untuk menindaklanjuti dugaan penggelapan pajak selama 26 tahun ini", pinta Joni. 

Lanjutnya, Selain itu,selama proses penyelesaian masalah ini, Pihaknya mengajukan permohonan izin pengelolaan lahan X HGU PT. Jenggalu Permai tersebut dilakukan oleh Bumdes Jenggalu agar dapat melahirkan PAD Jenggalu, selama ini PT. AGRI ANDALAS yang menguasai lahan tersebut selama 26 tahun tidak memberikan kontribusi sedikitpun Kepada Desa Jenggalu. 

U

Setelah meminta pandangan dan masukan dari semua pihak yang hadir dalam Rapat tersebut, Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE memutuskan untuk melakuakan penyelesaian masalah sengketa lahat tersebut selama kurun waktu satu Bulan ke-depan dengan meminta Kepada semua pihak yang terkait untuk melakuakan pendalaman dan mefasilitasi antara pihak PT. AGRI ANDALAS dengan Masyarakat untuk duduk bersama dan mengambil solusi terbaik. 

"Saya minta Kepada Wabup, bersama-sama Sekda, Kabag Tapem untuk melakuakan pendalaman dan penyelesaian masalah ini selama Satu Bulan ke-depan dan juga Saya minta bantuan Kepada Ketua DPRD Seluma dan Kapolres Seluma untuk mefasilitasi antara PT. AGRI ANDALAS dengan pihak Masyarakat Desa Jenggalu dalam upaya mencari solusi yang terbaik dari permasalahan ini", tegas Erwin.

(Pewarta : Wiwik Hadi/Adv)

Related News