Viral, Gunung Semeru Tampak "Bertopi Awan"

Gunung Semeru "Bertopi Awan". Foto: Twitter @Sutopo_PN
Gunung Semeru "Bertopi Awan". Foto: Twitter @Sutopo_PN

Klikwarta.com- Dilihat dari kejauhan, awan putih terlihat menghiasi Gunung Semeru pada Senin (10/12) pagi kemarin.

Fenomena ini pun diabadikan oleh masyarakat sekitar, dan salah satunya disebarluaskan dan sempat membuat heboh hingga jadi viral. 

Terkait fenomena aneh gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho memberikan penjelasan.

Melalui akun twitter-nya @Sutopo_PN, Sutopo mengatakan fenomena alam unik dan menarik di Gunung Semeru di Jawa Timur itu fenomena alam yang biasa saja.

Sebab, puncak Gunung Semeru tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus lenticularis.

"Gunung Semeru bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus alticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak.

Ini fenomena alam biasa saja. tidak usah dikaitkan dengan mistis apalagi politik", tulis Sutopo di akun twitter-nya,  Senin kemarin.

A

Sementara pada hari ini, Selasa (11/12), Sutopo kembali mengunggah foto fenomena alam tersebut di akun twitter-nya, "Gunung Semeru saat bertopi, berhelm & berhijab di puncaknya. Awan alticumulus lenticularis terbentuk akibat turbulensi di atasnya.

Bagi yang mau nikahgunakan fenomena alam ini buat foto pre wedding. Sungguh memesona! Cintamu akan terus terayomi meski ada turbulensi di hatimu", tulis Sutopo.

B

(FR)

Dibaca: 115 kali
Visit Bengkulu 2020

 

Destinasi Wisata Kepahiang

Related News