RSUD Kota Gelar Bakti Sosial Donor Darah

RSUD Kota Gelar Bakti Sosial Donor Darah, Rabu (25/01/2017)
RSUD Kota Gelar Bakti Sosial Donor Darah, Rabu (25/01/2017)

Kota Bengkulu, Klikwarta.com - Kebutuhan akan darah menjadi salah satu hal yang paling dicari-cari saat ini terkhusus bagi pasien yang di dalam proses pengobatan membutuhkannya.

Sebagai salah satu bentuk upaya dan tanggung jawab moral RSUD Kota Bengkulu terhadap hal tersebut, Rabu (25/01/2017) kemarin pagi,  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu bekerjasama dengan Komunitas Donor Darah yang di komandoi oleh PMI melakukan bakti sosial donor darah yang berlokasi di RSUD Kota Bengkulu.

Sebelumnya, peserta yang akan mendonorkan darah diseleksi melalui prosedur, yaitu melakukan pendaftaran, registrasi, cek darah, hipertensi, HIV dan gula darah oleh tim dokter dan PMI.

Direktur RSUD Kota Bengkulu dr. Lista Cherlyviera yang ditemui Tim Media Center mengatakan, kebutuhan darah di Kota Bengkulu saat ini sangat tinggi, namun stok darah selalu kurang, untuk itu RSUD Kota Bengkulu hari ini menargetkan mendapat 50 kantong darah.

“Pada hari ini kita upayakan  yang berkesempatan bisa mendonorkan darahnya, termasuk juga semua karyawan RSUD Kota Bengkulu yang bisa mendonorkan darah dan kita juga mengundang tetangga-tetangga RSUD Kota Bengkulu, seperti Kantir Depag, Dinas Kesehatan Kota, Dinas Sosial, termasuk Pegawai Pemerintah Kota Bengkulu," terang dr. Lista didampingi Kadis Kesehatan Herwan Antoni.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pendonor Darah RSUD Kota Bengkulu Asmadi mengatakan, dirinya akan mengusahakan  kegiatan donor darah dilakukan lebih dari satu kali dalam setahun.

“Standar donor darah yang diperbolehkan tiga bulan baru bisa donor kembali, salah satu tujuan kami membentuk kegiatan ini, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, kami juga menyimpan data golongan darah dan nomor Hp peserta yang mendonor. Jika kedepannya nanti ada masyarakat yang membutuhkan darah, kami akan menghubungi pendonor darah tersebut, untuk membantu mendonorkan darahnya bagi orang-orang yang membutuhkan," kata Asmadi. (Adv)

Dibaca: 2 kali