Kades Melati Harjo Genjot Infrastruktur, Demi Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Pembangunan di Desa Melati Harjo.
Pembangunan di Desa Melati Harjo.

Klikwarta.com, Bengkulu Utara - Semangat pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, itulah yang selalu digaungkan Kepala Desa Melati Harjo Dukut Sumari S.IP. Melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), Kades Dukut Sumari terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memberikan fasilitas terbaik untuk warganya.

Hal ini ditunjukannya dari berbagai capaian pembangunan yang telah direalisasikannya melalui DD dan ADD tahun 2018. Inovasi serta terobosan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur demi memacu pertumbuhan ekonomi masayarakat di Desa yang dipimpinnya menjadi fokus utamanya.

Tak hanya itu, kepedulian kepada warganya yang kurang mampu juga ditunjukannya. Baginya, hal tersebut merupakan sebuah kewajiban dalam mengayomi warganya untuk bisa memberikan perhatian lebih antar sesama, juga sebagai contoh kepada generasi penerus untuk meningkatkan kepedulian terhadap warga yang kurang mampu.

"Alhamdulillah, Pemerintah Desa Melati Harjo (K1) dapat merealisasikan berbagai pembangunan fisik dan non fisik melalui DD dan ADD Tahun 2018 dengan baik dan transparan", ujar Kades Dukut Sumari kepada Klikwarta.com, Selasa (29/01/2019).

Dalam setiap pembangunan, sampainya, selalu melibatkan masyarakat. Hal ini, guna memberikan masyarakat andil dalam pembangunan. "Dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki. Tentunya akan selalu menjaga dan merawat hasil pembangunan yang sudah direalisasikan", ucapnya.

Selain itu, kata dia, semua perangkat desa dan BPD dalam pembangunan, selalu bersama-sama berfikir kemajuan desa. "Alhamdulillah semua bisa bersinergi. Meski masih ada kekurangan, namun komunikasi yang sudah terjalin dengan baik tentu akan dipertahankan, guna menjadikan desa kami lebih maju dan berkembang ke depan", tuturnya.

Dikatakannya, pembangunan fisik yang sudah direalisasikan diantaranya, pembangunan jalan rabat beton, pelapis tebing, plat dekker, dan pemeliharaan posyandu, balai desa serta balai belajar masyarakat. "Hasil pembangunan ini sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Kita harapkan ke depan seluruh masyarakat bisa menjaga dan merewatnya. Karena setiap hasil pembangunan merupakan aset desa yang berharga", jelasnya.

Terkait pembangunan yang sudah diwujudkan ini, selain masyarakat, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak unsur Tripika kecamatan. "Pembangunan dapat kita wujudkan berkat dukungan dari berbagai pihak, kami ucapkan banyak terima kasih", sampainya.

Kades Dukut Sumari juga menyampaikan, untuk anggaran APBDes Perubahan tahun 2018 dialokasikan untuk pembangunan penambahan ruang kantor desa, dapur dan WC. Sementara untuk APBDes 2019, kata dia, untuk pembangunan Polindes (pondok bersalin desa) dan lain sebagainya.

Lanjut Kades Dukut Sumari, untuk menyukseskan program pembangunan desa ke depan, diperlukan peran perangkat desa yang bisa bersinergi dengan lembaga desa dan masyarakat. "Kita imbau semuanya untuk terus fokus menyukseskan program pembangunan desa di semua bidang, baik yang skala prioritas maupun dibidang lainnya seperti pemberdayaan masyarakat", tegasnya.

Disamping itu, dirinya juga terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. "Kita percaya jika niat itu didasari dengan keikhlasan, pasti keinginan kita akan terkabul. Seluruh masyarakat kita harapkan juga turut serta berperan aktif dalam pembangunan, Sebab tanpa kerja sama yang baik antara pemerintahan dan masyarakat, semua itu sulit terwujud", terangnya.

“Maka dari itu, mari sama-sama berpola pikir yang positif, sehingga tumbuh rasa untuk membangun, memelihara dan memiliki desa, agar nantinya infrastruktur yang ada dapat bermanfaat dengan baik", sambungnya. 

Tambahnya, ucapan selamat juga disampaikannya kepada Camat Ketahun yang baru, Kadino S.Sos. "Selamat buat Pak Camat Kadino, S.Sos. Mudah-mudahan Desa Melati Harjo selalu mendapat support dari beliau dalam berbagai pembangunan maupun yang lainnya", tandasnya. (LJ)

Pembangunan pelapis tebing
Pembangunan pelapis tebing
Pembangunan Plat Dekker.
Pembangunan plat dekker
Pemeliharaan Posyandu
Pemeliharaan Posyandu
Penambahan ruang kantor desa, dapur dan wc
Penambahan ruang kantor desa, dapur dan wc
Pembangunan jalan rabat beton
Pembangunan jalan
Foto bersama
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan pemeliharaan Posyandu
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan plat dekker
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan plat dekker
Titik Nol
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan pelapis tebing
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan jalan
Titik nol sebelum dilakukan pembangunan jalan 

 

Dibaca: 148 kali
Visit Bengkulu 2020

 

Destinasi Wisata Kepahiang

Related News