Misteri Penemuan Tengkorak Kepala Manusia di Curup Terungkap! 

Kamis, 12/03/2020 - 02:58
Rilis penyampaian hasil tes DNA
Rilis penyampaian hasil tes DNA

Klikwarta.com, Bengkulu - Hasil tes DNA atas penemuan tengkorak kepala manusia pada 22 Januari 2020 lalu yang diduga korban pembunuhan dinyatakan positif tengkorak korban A (15) seorang pelajar warga Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Hal ini berdasarkan hasil tes DNA yang dirilis Biddokes Polda Bengkulu pada Selasa (10/03/2020), dikutip bengkulutoday.com.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno didampingi Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono bersama Biddokkes Polda Bengkulu Kombes Pol DR IG AA Diah Yamini, SP., THT KL mengatakan hasil DNA dan pengecekan terhadap gigi korban yang berjenis kelamin perempuan teridentifikasi benar milik korban A.

“Hasil DNA memiliki indeks paternal 99,99 % terbukti Mrs X ialah Almarhumah A,” jelasnya.

Usai mendapatkan hasil DNA dari Pusdokkes Mabes Polri, hasil dan barang bukti kemudian diserahkan kembali ke Kapolres Rejang Lebong dan kemudian Kapolres yang menyerahkan ke pihak keluarga.

Diduga korban pembunuhan 

Sempat dinyatakan hilang sejak tanggal 8 November 2019 lalu, A (15) diduga telah dibunuh oleh pelaku Y.

Tersangka Y kemudian diamankan Polres Rejang Lebong. "Modus pelaku mengajak korban bertemu dan menyekap korban dengan niat mengambil barang-barang milik korban. Pelaku mengatakan tidak melakukan mutilasi terhadap korban, tetapi pelaku membunuh korban kemudian memasukan badan korban ke karung dan membungkus kepala korban dengan kantong plastik," ungkap Kapolres dalam konferensi pers.

Dari terduga pelaku Y, barang bukti milik korban yang diamankan polisi seperti jam tangan, gelang, cincin, anting, handphone dan kendaraan roda 2. Unit Penyidik Sat Reskrim Polres RL juga menemukan 9 celana dalam didalam mobil angkutan kota milik tersangka Y.

Dari pengakuan Y, mayat korban telah dibuang di kawasan Jembatan Air Merah perbatasan antara Desa Air Merah dengan Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah. 

Atas pengakuan tersangka itu, hari Selasa 21 Januari 2020, pihak Polres Rejang Lebong melakukan pencarian jenazah korban A.

Penemuan Tengkorak Kepala Manusia

Setelah dilakukan penyisiran, polisi menemukan tengkorak kepala manusia di aliran sungai dengan kondisi terbungkus kantong plastik dilapisi karung yang sudah rusak. Penemuan berjarak kurang lebih 2 kilometer dari keterangan Y.

Diidentifikasi

Setelah ditemukan, tengkorak kepala itu diidentifikasi tim gabungan Bid Dokkes Polda Bengkulu pada Kamis 23 Januari 2020.

Kabid Dokkes Kombes Pol dr. I G. A. A. Diah Yamini, Sp. THT-KL yang memimpin langsung memerintahkan personel dokpol untuk melakukan pengambilan sampel DNA dari gigi korban oleh drg. Hamides. Selain itu, juga pengambilan sampel pembanding DNA darah dari ayah korban yang di lakukan dr. Deby selaku Kaur Dokpol RS Bhayangkara Bengkulu.

Kemudian sample itu dikirimkan ke Lab DNA Pusdokkes Polri untuk memastikan bahwa potongan tengkorak kepala itu terindentifikasi milik korban A.

Belum diketahui, apakah A korban pembunuhan mutilasi atau tidak. Pasalnya, meski hanya ditemukan tengkorak kepalanya, pihak kepolisian masih menduga tubuh korban bisa saja hilang dimakan binatang buas atau semacamnya.

Diketahui, A menghilang sejak 8 November 2019 lalu. Dari cerita neneknya Nr, korban pergi sekira pukul 17.00 WIB dihari dia hilang dengan tujuan ke toko foto copy yang tak jauh dari rumahnya. (Red/FR)

Berita Sebelumnya : 

Gadis Rejang Lebong Diduga Dibunuh, Polisi Cari Mayat Korban

Penemuan Tengkorak Kepala Manusia, Bid Dokkes Polda Identifikasi Melalui DNA

Related News

Loading...

pers

loading...