Banjir Belitang Mulya Surut

Kamis, 30/01/2020 - 16:07
Salah satu penyuluh/PPL yang memegang tali Eko Suparyanto
Salah satu penyuluh/PPL yang memegang tali Eko Suparyanto

Klikwarta.com, Sumsel - Banjir yang melanda Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Kemering Ulu Timur sudah surut, aktifitas warga sekitar kembali normal seperti biasanya.

Seperti diketahui, Air sempat membanjiri dan merendam pemukiman/rumah, tanaman padi serta kolam budidaya ikan milik warga sekitar khususnya Desa Purwodadi Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Oku Timur dan sekitarnya.

Salah satu Penyuluh PPL Eko Suparyanto saat ditemui di lokasi banjir mengatakan sedikitnya ada 4 desa yang sawahnya terendam banjir dengan jumlah sekitar 95 Ha. 

"Terdampak banjir, Desa Purwodadi luas sawah 534 Ha, sawah yang terendam 20 Ha. Desa Petanggan luas sawah 420 Ha, sawah yang terendam 15  Ha. Desa Srimulyo luas sawah 328 Ha sawah yang terendam 40 Ha. Desa Rejo Sari sawah yang terendam di perkirakan +20 Ha", papar Eko. 

Banjir yang terjadi disebabkan curah hujan tinggi menyebabkan debit air kiriman dari saluran tersier sebelah hulu (Desa Sido Waluyo, Sugih Waras dan Tulung Sari ) terjadi banjir dan air meluap di sepanjang sungai pembuangan sungai Rengas, sementara saluran gorong-gorong yang ada di Desa Purwodadi sebagian saluran yang mengaliri ke sebrang sungai Bk17 mengalami buntu. 

"Untuk menanggulangi akibat langganan banjir sawah dan pemukiman penduduk yang ada di sekitar sungai pembuangan sungai Rengas di perlukan segera pembersihan sampah berat/kayu di sekitar saluran gorong-gorong pakai alat berat. Pembuatan Talut untuk mengurangi penumpukan sampah di sekitar saluran gorong-gorong Purwodadi sehingga di harapkan aliran air lancar", ujarnya. (Aliwardana)

Related News

Loading...
loading...