Desa Dusun Baru laksanakan Musrinbang-Des Untuk Kegiatan Tahun 2022

Kamis, 21/01/2021 - 20:46
Desa Dusun Baru laksanakan Musrinbang-Des Untuk Kegiatan Tahun 2022
Desa Dusun Baru laksanakan Musrinbang-Des Untuk Kegiatan Tahun 2022

Klikwarta.com, Bengkulu Selatan - Pemerintah Desa Dusun Baru  Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan, gelar musyawarah Musrinbang-Des untuk kegiatan tahun 2022 dilaksanaka di Kantor Desa Dusun Baru, Senin (18/1) yang lalu.

Dihadiri Plt Kades, Ketua BPD, Kapolsek Seginim, Camat Seginim,Babinsa, pendamping Desa beserta parah undangan, karna pademi Covid-19 blum juga selesai, seluruh yang hadir tetap melaksanakan protokoler Covid-19, melaksanakan cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak.

Musrenbag-Des ini adalah suatu kegiatan yg harus di laksanakan oleh Desa setiap tahunnya, untuk rencana pembangunan Desa kedepannya. Yang langsung menyentuh bagi kebutuhan masyarakat Desa Dusun Baru  itu sendiri.

Musyawarah ini langsung di pimpin oleh Ketua BPD Desa Dusun Baru, Ketua BPD dalam penyampaiannya, mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar mengusulkan apa apa yang akan dibangun untuk kedepannya, yang langsung menyentuh bagi masyarakat itu sendiri. Dan berkerja sama untuk mengawal dan mengawasi kegiatan ini nanti agar hasilnya sesuai dengan harapan masyarakat Desa Dusun Baru,   pungkas Ketua BPD.

PJs Kades dalam sambutanya mengatakan musyawarah ini kita melaksanakan Musrenbag-Des, diharapkan kepada masyarakat Desa Dusun Baru agar proaktip dalam mengusulka untuk yang akan di bangun kedepannya. Dan mengawasi kegiatan yang di bangun nantinya, jangan tanggung jawab ini hanya di bebankan pada pemerentah Desa dan BPD  saja. Masyarakat janganla pasip untuk mengawasi bangunan di Desa kita ini, katakan saja kalau tidak sesuai dengan gambar atau keinginan masyarakat, demi kebaikan pembangunan Untuk Desa kita kedepan,pungkas Plt Kades Desa Dusun Baru.

Imbauan Kapolsek IPTU Tamsir Hasan  kepada masyarakat Desa Dusun Baru, bermusyawarahlah  dengan baik untuk menghasilkan yang terbaik.

"Karna Musrenbag-Des ini penentu yang akan dibangun kedepannya. Karna  masyarakat itu sendiri yang mengusulkan dan menetapkan pembangunan atau kegiatan yang bersentuhan langsung  dengan kehidupan masyarakat itu sendiri, bukan pemerintah desa atau BPD, mereka hanya mempasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasi, jangan ada gesekan yang tidak perlu", ujarnya. 

Camat Seginim Mardalena SPd, SMi yang di wakili Kasi PMD, mengharapkan agar Covid-19 segera berakhir, semoga kegiatan yang ada tidak ada lagi halangan, sehingga jalanya pembangunan di Desa Dusun Baru ini berjalan dengan lancar.

Didalam Musrenbag-Des ini masyarakat boleh mengusulkan yang bersentuhan langsung bagi masyarakat petani, karna dana DD itu bisa di gunakan untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Dan kalau ada masalah pecahkan dan selesaikan dengan cara musyawarah kami siap membantu 24 jam stanbay”, jelas Babinsa.

Ada beberapa hasil musdes untuk kegiatan tahun 2022 yang di usulan masyarakat :

Siring Pasang jalan propinsi (APBN)
Talut pematang Bai ( APBD), Penyediaan bibit alpokat dan nangka (APBD). Pembuatan jalan sentra produksi kerja sama tiga desa, Dusun Baru, Tanjung Aging dan Durian Seginim (APBD) untuk Dana DD. 

Jalan sentra produksi sepanjang 50 meter.
Siring Pasang drenase, Penyediaan pos kamling 2 Titi, Penyediaan peralatan UPPKS, Program stunting, Peralatan seni Zikir, Pelatihan, Seragam keseluruhan UPD Desa

(Pewarta : Irhanudin) 

Related News

Loading...
loading...