Hasil Pembangunan di Desa Penyandingan Kurang Memuaskan

Kondisi siring pasang Desa Penyandingan saat ini yang selesai dibangun tahun 2018 melalui Dana Desa
Kondisi siring pasang Desa Penyandingan saat ini yang selesai dibangun tahun 2018 melalui Dana Desa

Klikwarta.com, Kaur - Hasil pembangunan di Desa Penyandingan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu dengan anggaran Dana Desa tahun 2018 kurang memuaskan. Pasalnya pembangunan yang menelan anggaran sebesar Rp 650 juta dengan beberapa item pembangunan yakni siring pasang, talud dan lampu jalan tenaga surya tersebut sudah banyak kerusakan.

Dari pantauan dilapangan, pembangunan siring pasang sudah banyak yang pecah, bahkan ketebalannya sangat tipis, serta pembangunan talud juga terlihat retak.

Fachrozi anggota ormas Jaringan Pendampingan Kebijakan Pembangunan (JPKP) bidang devisi Investigasi menanggapi pembangunan di Desa Penyandingan diduga merupakan sarat korupsi. Mulai dari pengadaan lampu jalan Tenaga Surya sebanyak 8 unit dengan dana yang fantastis yaitu Rp 177 juta. 

"Artinya pembelian per unit sebesar Rp 22 juta 150 ribu. Padahal kalau dilihat dari harga dan kondisi lampunya berbanding terbalik. Belum lagi pembangunan siring pasang dan talud sudah pecah. Disisi lain pembangunan rabat beton diakhir tahun 2017 sudah mengelupas bak pembangunan berumur diatas 5 tahun", ungkap Fachrozi. 

Rozi menambahkan, dengan kondisi seperti ini dirinya berharap kepada penegak hukum di kabupaten Kaur untuk dapat meninjau kelapangan dan melakukan cek dan ricek. 

"Karena diduga kuat pekerjaan seperti ini merupakan sarat korupsi. Apalagi sekarang ini belum ada PHO atau serah terima dengan dinas terkait", tegas Rozi. 

B
Kondisi lampu jalan tenaga surya

Saat dikonfirmasi dengan Kepala Desa Penyanding Suparyoto di kediamannya, Jum'at (18/1/2019) menjelaskan dirinya mengakui atas pekerjaannya sudah ada yang rusak. Bahkan belum lama ini pihakya sudah ada memperbaiki siring pasang yang rusak. Ia juga menjelaskan pengadaan lampu jalan tenaga Surya menelan dana Rp177 juta untuk 8 unit LTS.

"Tapi kita tunggu waktu dekat saat mau ada pemeriksaan dari pihak dinas nanti, selain dari pembangunan siring pasang dan talud. Ada juga pengadaan Lampu Jalan tenaga Surya swbanyak 8 unit dengan nilai dana 177.150.000 rupiah", kata  Suparyoto.

C
Kondisi Rabat Beton yang dibangun tahun 2017 sudah mengelupas
D
Kondisi Talud yang selesai dibangun tahun 2018

(Sulek)

Related News