Bahaya Mengintai “Challenge” Medsos Berujung Pencurian Data

Rabu, 01/12/2021 - 11:30
Bahaya Mengintai “Challenge” Medsos Berujung Pencurian Data
Bahaya Mengintai “Challenge” Medsos Berujung Pencurian Data

Klikwarta.com, Bengkulu - Berbagai fitur dan challenge yang sedang tren di media sosial kerap menggugah masyarakat untuk tak ikut ketinggalan. Terkhusus anak-anak muda yang sangat antusias mengikuti setiap gerakan dan tantangan dengan dalih tidak ketinggalan zaman.

Namun seakan selangkah lebih maju, pelaku kriminalitas juga memanfaatkan informasi yang dapat dari konten tersebut. Seperti challenge tren Add Yours di Instagram Stories. Akibat fitur tersebut menimbulkan korban penipuan beberapa waktu lalu. Add Yours adalah sebuah fitur yang bisa dibagikan pengguna lewat Instagram Stories.

Fitur “Add Yours” dengan mudah membuat pengguna latah memberikan data pribadi. Seperti nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, alamat rumah, bahkan hingga selfie dengan KTP.

“akibat tidak berhati-hati menggunakan fitur tersebut telah memakan korban penipuan,” ucap Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S.Sos, MH, Rabu (01/12/2021).

Meski tidak terjadi di Bengkulu, Kabid Humas selalu mengimbau masyarakat khususnya anak muda untuk tidak latah menggunakan berbagai fitur yang meminta informasi pribadi yang akan mengundang kejahatan. Ia menjelaskan akibat salah menggunakan fitur tersebut berbagai bahaya yang akan timbul diantaranya Akun email atau medsos kamu bisa diambil orang, Ada orang yang mengaku-ngaku sebagai pemilik yang sah rekening bank kamu, Data kamu dipakai untuk mendaftar aplikasi pinjaman online dan tiba-tiba orang tak dikenal mengaku sebagai teman dekat atau kerabat (social engineering).

Related News