Bupati Seluma Minta Tenun Bumpak Harus Cari Motif Khas Seluma

Senin, 12/04/2021 - 12:40
Foto bersama
Foto bersama

Klikwarta.com, Seluma - Tenun di Kabupaten Seluma harus berbeda dengan tenun dari daerah lain, karenanya Bupati Erwin Octavian meminta Dinas Perindagkop dan UKM menemukan motif khas Seluma pada Tenun Bumpak.

“Perindagkop silahkan cari motif yang berbeda, apa gambar padi atau gambar ular. Motif inilah nantinya yang akan kita tampilkan ke depan,” kata Erwin saat memberikan bantuan Industri Kecil Menengah (IKM) ke penenun Bumpak di Desa Kampai dan Kelurahan Masmambang Kecamatan Talo, Senin (12/4/2021).

Menurut Erwin, persoalan lain pada Tenun Bumpak adalah promosi dan harga. Pada konteks ini, ia juga meminta disperindag menyiapkan solusinya. Supaya ke depan Tenun Bumpak makin dikenal di luar Seluma dan makin banyak peminatnya.

“Persoalan promosi, perindagkop harus maksimalkan. Kemudian Harga yang terjangkau agar enak kita kasih ke tamu-tamu yang datang dari luar ke Seluma,” tuturnya.

Tak kalah penting, lanjut Erwin, pengrajin juga harus berinovasi dan berkreativitas. Dengan meningkatkan mutu dan kualitas dari kerajinan itu sendiri. Mulai dari kemasan produk agar bisa meningkatkan nilai jual.

“Jangan hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja. Pengrajin juga dituntut meningkatkan kualitas dan mampu bersinergi dengan pemerintah,” ujar Erwin.

Lebih lanjut ia juga meminta disperindag memastikan penerima bantuan tepat sasaran. Pun sama pentingnya membentuk pengrajin-pengrajin baru. Sehingga muncul daya saing baru yang ditunjang dengan adanya pelatihan.

“Pelatihan pada kelompok pelaku-pelaku penenun baru juga harus dilakukan dan pastikan bantuan tidak pada kelompok yang sudah pernah menerima,” demikian Erwin.

Diketahui, selain menyerahkan bantuan benang berkualitas baik ke kelompok tenun sebanyak 300 kilogram, di hari yang sama Erwin juga menyerahkan sertifikat halal kepada IKM Jahe Desa Sukasari.

(Wiwik Hadi/Adv)

Related News

loading...