Pasca TMMD Reguler Tegal, Babinsa Pendataan Ulang Penerima Manfaat PKH-BPNT

Selasa, 13/08/2019 - 20:24
Babinsa Kodim 0712/Tegal turut dampingi pendataan PKH
Babinsa Kodim 0712/Tegal turut dampingi pendataan PKH

Klikwarta.com, Tegal – Merespon apa yang dialami Paing (68) warga Dukuh Gemahsari RT. 04 RW. 05, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, salah satu warga masyarakat di bekas lokasi TMMD Reguler 105 Tegal yang luput dari bantuan PKH-BPNT, Babinsa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, melakukan pengecekan ke wilayah.

Tampak, Serma Norman, mantan anggota Satgas TMMD Reguler, bersama perangkat desa dan Linmas Desa Gembongdadi, desa tetangga Jatimulya, melakukan pendataan ulang kepada warga binaannya yang tercatat sebagai penerima Program Keluarga Harapan Bantuan Pangan Non Tunai (PKH-BPNT), salah satunya adalah Wasti (65) RT. 09 RW. 02. Selasa (13/8/2019).

Dijelaskannya, tujuan dilakukan survey adalah untuk mengetahui perkembangan keluarga miskin penerima bantuan sosial dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal, apakah sudah mandiri atau memang masih membutuhkan bantuan.

“Bersama perangkat desa dan Linmas, kami tidak ingin kecolongan karena ada keluarga di wilayah kami yang sudah sejahtera atau mandiri, namun masih mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai,” ucapnya.

Dikatakannya juga, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tegal akan berhasil jika sasarannya sesuai pada tempatnya/tepat peruntukannya, termasuk pihak desa harus terus mengupdate Basis Data Terpadu (BDT) sehingga jika sudah ditemukan keluarga yang mandiri maka data direvisi untuk digantikan keluarga yang baru dan berhak menerimanya.

“Untuk kroscek di lapangan, pendataan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa, sangat diperlukan agar bantuan tepat sasaran kepada warga penerima manfaat,” tandasnya. (***)

TMMD

 

Related News