Pentingnya Imunisasi Bagi Anak

Jumat, 23/08/2019 - 23:38
Pertemuan Lintas Sektoral
Pertemuan Lintas Sektoral

Klikwarta.com, Seragen - Sertu Ikwan Babinsa ds. Banaran anggota Koramil 09/Sambungmacan menghadiri pertemuan lintas sektoral bertempat di Rumah makan KPK Banaran.

Dr Ahmad dari Dinas Kesehatan Sambungmacan 1 menyampaikan, pada dasarnya, imunisasi adalah kegiatan pencegahan. Imunisasi dilakukan agar seseorang terhindar dari penyakit infeksi atau meringankan gejala penyakit tersebut. Metode ini merupakan metode pencegahan yang paling efektif dan murah dalam mengatasi penyakit.

Imunisasi wajib diberikan pada anak balita mengingat sistem kekebalan tubuh balita sangat rentan. Lalu bagaimana dengan anak yang sudah melewati usia tersebut, Seiring bertambah usia, sistem kekebalan tubuh anak juga meningkat. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan mereka terserang penyakit infeksi lain di usianya yang kian bertambah itu. 

“Oleh karena itu setelah melakukan imunisasi wajib di usia balita, anak harus mendapatkan imunisasi lanjutan ketika memasuki usia sekolah. Selain menjaga dari serangan infeksi virus, imunisasi anak juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif serta menjaga status gizinya agar tetap baik “ ujarnya. ( * )

TMMD

 

Related News