Peringatan Hari Santri, Wabup Trenggalek : Santri Pilar Penjaga NKRI

Minggu, 22/10/2023 - 18:31
Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara
Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara

Klikwarta.com, Trenggalek - Peringatan Hari Santri Tahun 2023, Wakil Bupati Trenggalek sebut  santri sebagai pilar penjaga NKRI, serta mengajak para santri bisa menjaga pengakuan ini dengan berkontribusi aktif untuk bangsa dan tanah air. 

Lebih lanjut, dalam peringatan Hari santri, Pemerintah Kabupaten  Trenggalek menggelar apel Hari Santri dipusatkan di Alun-alun Trenggalek. 

Dalam hal ini santri memang menjadi salah satu bagian penting atau bahkan memiliki andil penting dalam sejarah bangsa dan perjalanan bangsa dan telah banyak andil dan kiprah para ulama dan para santrinya, selain dalam merebut dan menjaga kedaularan, santri juga ikut dalam menjaga peradapan bangsa.

Kemudian, Hari Santri Nasional sendiri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tanggal ini dipilih karena memiliki makna sejarah yang sangat penting bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Selanjutnya, pada tanggal 22 Oktober 1945, kalangan ulama yang dipelopori oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyerukan Resolusi Jihad di Surabaya, Jawa Timur. Resolusi Jihad sendiri merupakan seruan untuk melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah kepada Sekutu pada Perang Dunia II.

"Alhamdulillah sebagaimana kita ketahui santri adalah pilar penjaga NKRI. Maka dari itu untuk santri di seluruh Indonesia selamat berbahagia karena keberadaan kita diakui oleh negara sehingga kita memiliki kewajiban untuk bisa menjaga amanah yang diberikan oleh negara," tutur Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, Minggu (22/10/2023). 

(Pewarta : Hardi Rangga) 

Related News