27 Tahun Tak Tersentuh Pembangunan, Kondisi Jalan Desa Suka Baru Rusak Parah

Kondisi Jalan Terkena Abrasi
Kondisi Jalan Terkena Abrasi

Klikwarta.com - Jalan dusun dua Desa Suka Baru Kecamatan Marga Sakti Seblat Kabupaten Bengkulu Utara menuju Pusat Pelatihan Gajah (PLG) kondisinya cukup memperihatinkan. Kondisi jalan dengan jarak + 3 Kilo Meter dengan lebar 3 Meter tersebut sejak tahun 1992 belum pernah tersentuh pembangunan. 

Menurut Wakidi Kepala Desa Suka Baru, pihaknya sudah berupaya mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara agar jalan lingkungan tersebut bisa segera dilakukan pengaspalan. Permintaan tersebut bukan tanpa alasan karena jalan tersebut merupakan jalan menuju pusat kesehatan, pendidikan, dan lainnya. 

e

"Kita sering minta jalan itu di aspal, karena jalan itu penting bagi warga dusun dua, ke pasar, pusat kesehatan, pendidikan dan lain sebagai nya. Terlebih jalan utama dusun dua arah PLG Desa Suka Baru juga jalan produksi perkebunan/pertanian tiga desa, Desa Suka Baru, Suka Maju dan Suka Merindu Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara", jelas Wakidi, Selasa (21/5/2019).

Ditambahkan Wakidi selama hampir 27 tahun jalan tersebut tidak mendapatkan perhatian pemerintah semenjak di buka badan jalan oleh pusat pelatihan gajah (PLG). 

"Bahkan sering kali terjadi kecelakaan akibat kondisi jalan yang rusak parah dan hampir setengah badan jalan amblas", tambah Wakidi. 

Sementara itu Taufik selaku kepala dusun Desa Suka Baru menjelaskan lokasi desa yang berdekatan dengan Taman Alam Pusat Pelatihan Gajah (PLG), dengan kondisi hijau hutannya dan sungai yang bersih. Bisa menjadi daya tarik tersendiri, ditambah area perkebunan/pertaniannya yang terletak di dusun dua Desa Suka Baru bisa jadi salah satu potensi wisata.

w

"Setiap harinya puluhan warga desa dan warga tetangga desa datang untuk liburan ke lokasi wisata ini, namun kurangnya promosi membuat taman alam (PLG) ini belum banyak dikenal masyarakat luar", ungkap Taufik. 

Diharapkan Taufik dusun dua Desa Suka Baru dengan jumlah 40 kepala keluarga dan ratusan jiwa bisa menjadi salah satu potensi wisata kebanggaan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. (Suradi)

Related News