5 Tips Mengajukan Pinjaman dengan Aman

Selasa, 05/01/2021 - 12:01
https://www.pexels.com/search/budget/
https://www.pexels.com/search/budget/

Pertumbuhan pinjaman online kian marak dengan berbagai penawaran menggiurkan. Namun apakah semua pinjaman online dapat dipercaya dan tidak mencekik di kemudian hari, untuk itu pentingnya memilih pinjaman online yang aman dan dapat dipercaya.

Pastinya tidak ada orang yang ingin mempunyai hutang, namun keadaan mendesak karena masalah finansial memaksa untuk berhutang. Jika dalam kondisi demikian pastikan pinjaman yang Anda pilih aman dan tidak banyak merugikan.

Tips Pengajuan Pinjaman Aman

Berikut tips aman mengajukan pinjaman yang harus Anda ketahui:

  1. Periksa legalitasnya

Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman pada perusahaan atau lembaga keuangan yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang terdaftar OJK dipastikan mengikuti regulasi resmi dari pemantau keuangan tersebut sehingga peminjam selaku konsumen terlindungi.

Regulasi OJK dibuat melindungi konsumen juga tidak merugikan perusahaan. Karena itu jangan mudah tergiur tawaran yang tidak masuk akal, misalkan terlalu mudah dan kredit manis tanpa melihat legalitasnya.

  1. Memiliki website resmi dan aplikasi yang terlindungi

Berikutnya pastikan fintech memiliki situs resmi atau aplikasi yang diproteksi. Sebab penyedia pinjaman atau jasa keuangan yang resmi terdaftar OJK wajib memiliki keamanan tersebut untuk melindungi data konsumen. Bahkan fintech tersebut harus lolos sertifikasi ISO teknologi informasi.

Pernah dengar data seseorang tersebar lantaran melakukan pinjaman online? Itu karena perusahaan peminjam tidak melindungi data pelanggannya. Untuk mengetahui sebuah situs diproteksi dapat dilihat dari alamat situs yang aman biasanya terdapat logo tergembok.

  1. Memiliki layanan konsumen

Periksa perusahaan pinjaman uang Anda telah memiliki layanan konsumen yang dapat dihubungi. Biasanya ada nomor telepon kantor, email dan alamat kantor yang jelas. Hal tersebut agar ketika suatu hari ada masalah atau pertanyaan yang perlu diajukan, Anda dapat menghubungi melalui layanan konsumen.

Selain itu adanya layanan konsumen yang jelas menunjukkan perusahaan keuangan tersebut benar-benar ada dan legal.

  1. Mengukur kemampuan pinjaman

Setelah memastikan perusahaan keuangan pemberi pinjaman dapat dipercaya, untuk memperoleh pinjaman yang aman, Anda perlu mengukur kemampuan keuangan sendiri. Sering kali karena mendapat bunga pinjaman yang rendah, menjadi tergiur mengambil jumlah yang banyak. Hal tersebut justru dapat menjadi petakan ketika harus melunasi.

Perhitungkan betul kebutuhan dan kemampuan Anda untuk membayarnya. Pinjam sesuai dengan perhitungan tersebut agar Anda dapat melakukan pembayaran tepat waktu. Perlu diketahui biasanya ada denda bagi yang membayar terlambat dari waktu yang ditentukan.

  •  Teliti kontrak pinjaman

Setiap pinjam meminjam secara resmi terdapat kontrak pinjaman yang mengatur hak dan kewajiban Anda sebagai peminjam dan perusahaan sebagai pemberi pinjaman. Baca kontrak perjanjian hingga benar-benar paham atau tanyakan jika perlu. Setiap perusahaan bisa memiliki kontrak pinjaman berbeda karena itu penting untuk memastikan iai kontrak tidak merugikan Anda.

Banyaknya fintech yang memberikan layanan pinjaman online menguntungkan karena semakin banyak pilihan. Namun disisi lain jika tidak pandai dalam memilih bisa terjebak pada fintech ilegal yang banyak merugikan. Tunaiku sebagai salah satu pemberi layanan pinjaman online yang dapat dipercaya yang pastinya sudah terdaftar OJK.

Tunaiku merupakan platform layanan Bank Amar yang menawarkan pinjaman hingga Rp 20 juta. Keuntungan menggunakan layanan pinjaman Tunaiku cukup banyak seperti dapat dilakukan tanpa akun bank, proses yang cepat dan mudah bisa langsung cair setelah disetujui dan menggunakan bunga flat atau tidak baik tiap bulannya.

Di antara banyaknya pilihan, Anda bisa mempercayakan pada Tunaiku untuk mendapat dana segar dan jaminan keamanan.

tunaiku

Related News

loading...