Apel Operasi Keselamatan Semeru 2024, Ini Ajakan Kapolres Malang

Minggu, 03/03/2024 - 17:48
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana saat pengecekan personel apel operasi keselamatan Semeru 2024, Sabtu (2/3)
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana saat pengecekan personel apel operasi keselamatan Semeru 2024, Sabtu (2/3)

Klikwarta.com, Malang - Kepolisian Resor Malang, Polda Jawa Timur, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024 di halaman Polres Malang pada Sabtu (2/3/2023). Operasi tersebut diawali dengan pencanangan aksi keselamatan jalan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana.

Apel Gelar Pasukan dimulai dengan penyematan pita tanda dimulainya operasi kepada perwakilan personel Polisi Militer (PM), Personel Satuan Lalu Lintas, dan Personel Dinas Perhubungan (Dishub). Kapolres Malang memberikan arahan kepada para personel yang terlibat dalam operasi tersebut.

AKBP Putu Kholis Aryana menyampaikan bahwa operasi keselamatan ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai hari ini hingga 17 Maret 2024. Tujuan utamanya adalah mewujudkan kondisi yang aman bagi pengguna jalan di Kabupaten Malang.

Masa operasi ini dirancang sebagai langkah preventif untuk mengurangi angka kecelakaan di Kabupaten Malang, yang pada tahun 2023 mencapai lebih dari 900 kejadian dengan hampir 200 orang meninggal dunia.

“Tidak ada kata lain, kita harus terus melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas untuk mencegah timbulnya korban jiwa di jalan raya,” ujar Kapolres AKBP Putu Kholis, Sabtu (2/3).

Kapolres menambahkan, bahwa mayoritas kecelakaan melibatkan sepeda motor, mencapai lebih dari 85%. Usia produktif, yang merupakan tulang punggung keluarga, menjadi kelompok rentan. Kecelakaan tersebut, tidak hanya merugikan secara pribadi tetapi juga memiliki dampak mikro dan makro terhadap perekonomian keluarga.

“Faktor manusia menjadi penyebab dominan, sekitar 97% dari total kecelakaan. Kita semua perlu introspeksi untuk mencegah perilaku berisiko di jalan, seperti melawan arus,” tambah AKBP Putu.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres mengajak masyarakat untuk merenung dan bertanya pada diri sendiri apakah mereka mau menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Ia menekankan pentingnya taat pada aturan lalu lintas, menjaga etika, dan sopan santun berkendara.

“Mari kita selalu taat pada aturan di jalan raya, jaga etika, dan sopan santun berkendara,” pungkasnya.

Operasi Keselamatan Semeru 2024 melibatkan 124 personel Polres Malang bersama instansi terkait lainnya. Kepolisian mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan jalan raya yang lebih aman dan tertib, sebagai warisan untuk generasi penerus dalam membangun Indonesia dan Kabupaten Malang. (*)

(Kontributor : Arif)

Related News