Bapaslon Walikota Jalani Tes Kejiwaan

Bapaslon Walikota saat menjalani tes tertulis MMPI
Bapaslon Walikota saat menjalani tes tertulis MMPI
DINAS PUPR
Dinas PUPR
HPN
Anti Hoax
Banner Utama

Klikwarta.com - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu menjalani tes pemeriksaan kejiwaan di Ruang III Rumah Sakit Kesehatan Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu, Jum'at (12/01/2018).

Direktur RSKJ Soeprapto Bengkulu, Dr. Hj. Chandrainy Puri, M.Si, mengatakan akan menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan tes kejiwaaan terhadap Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota.

"Apapun nilai yang dihasilkan peserta dalam tes kejiwaan ini, itulah yang akan kami sampaikan. Kami jamin tidak ada kecurangan," ucap Chandrainy.

Dalam tes kejiwaan ini, ada dua tahapan yang akan diikuti oleh Bapaslon, pertama tes tertulis MMPI dan wawancara Psikitrik. Dalam tes tertulis tersebut panitia menyiapkan 565 soal yang harus dijawab oleh peserta dengan waktu tiga jam. Usai mengikuti tes tertulis peserta akan mengikuti tes wawancara psikitrik yang dilakukan usai sholat jum'at pukul 14.00 WIB.

"Semua soal yang diajukan harus dijawab semua oleh peserta, karena itu akan mempengaruhi nilai. Termasuk juga saat wawancara, diharapkan peserta fokus menjawab pertanyaan dari tim dokter yang di tunjuk," jelasnya.

Dalam memberikan penilaian, peserta hanya diberikan dua versi yaitu Wajar dan Tidak Wajar. Jika nilai yang didapat wajar, maka peserta tersebut dinyatakan lulus. Sebaliknya jika mendapat nilai tidak wajar, peserta dianggap gugur dan dianggap tidak memenuhi persyaratan, sehingga tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

"Tes kejiwaan ini sangat berpengaruh terhadap peserta, karena tes ini akan mempengaruhi kepemimpinan peserta seandainya nanti terpilih menjadi Walikota Bengkulu," pungkasnya. (CW1)

Dibaca: 19 kali

Related News