Cegah Penyebaran Covid-19, F-PAN Minta Pemda SBB Tunda Tahapan Pilkades Serentak

Selasa, 24/03/2020 - 01:12
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seram Bagian Barat Hi Abdul Rauf Latulumamina
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seram Bagian Barat Hi Abdul Rauf Latulumamina

Klikwarta.com, SBB,Maluku - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seram Bagian Barat Hi Abdul Rauf Latulumamina meminta pelaksanaan tahapan pemilihan kepala desa secara serentak tahun 2020 untuk beberapa desa yang ikut dalam Pilkades secara serentak ditunda. Menurutnya, ini demi kenyamanan dan keamanan warga kabupaten Seram Bagian Barat.

"Mengingat kasus COVID-19 akhir-akhir ini mewabah dan bahkan sudah masuk di Maluku. Dengan situasi seperti ini dimana imbauan pemerintah Provinsi Maluku dan Pemda SBB agar masyarakat menjauhkan diri dan jaga jarak, serta tidak berada pada kerumunan. Proses Pilkades tetap berjalan, namun yang saya minta hanya tahapan pilkades secara serentak tahun 2020 ditunda, sampai masalah COVID-19 benar-benar selesai", ungkap Latulumamina kepada Klikwarta.com, Senin (23/3/2020).

Menurut Latulumamina, proses Pilkades tetap berjalan sesuai dengan keinginan pemda SBB dan desa setempat, namun penundaan tahapan Pilkades secara serentak ditunda bukan dihentikan hal ini disebabkan ada beberapa pertimbangan yang mana sebagian pemilih Pilkades banyak yang berdomensili di kota Ambon, dan akan pulang untuk memberikan hak pilih pada pemilihan nanti.

"Apalagi saat ini di kota Ambon sudah ada 1 orang dinyatakan positif COVID-19 (Virus Corona). SBB dengan kota Ambon sangat dekat dan pergerakan orang dari Ambon ke SBB tidak bisa dihindari, ditambah alat pengukur suhu yang digunakan dipintu masuk tidak cukup aman untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut", ungkapnya.

"Maka, ini patut kita waspadai dan seharusnya menjadi pertimbangan Pemda SBB untuk menunda tahapan Pilkades serentak sampai batas waktu yang ditentukan, ini dilakukan untuk mencegah penuluran Covid-19", jelas Latulumamina.

Lanjutnya, berdasarkan pertimbangan yang mana di kota Ambon sudah suspec dan 1 OPD dikonfirmasi positif Covid-19, sesuai dengan pernyataan yang sudah di umumkan oleh tim satgas, maka Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten SBB mengusulkan kepada pemda untuk mempertimbangkan penundaan tahapan Pilkades secara serentak, dan proses Pilkades tetap berjalan sesuai harapan Pemda SBB dan Desa yang ikut Pilkades di kabupaten Seram Bagian Barat

"Pikades tetap berjalan sebagai mestinya, dan saya minta Bupati Seram Bagian Barat Moh Yasin Payapo untuk pertimbangkan penundaan tahapan Pilkades secara serentak tahun 2020, hal ini untuk mencegah wabah COVID-19 sesuai dengan imbauan yang sudah dikeluarkan oleh Pemda SBB yang mana disampaikan oleh Bupati sendiri", pinta Latulumamina.

Selain itu, Latulumamina meminta masyarakat kabupaten Seram Bagian Barat untuk selalu jaga kesehatan, pola makan dan pola hidup sehat serta menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumanan agar terhindar dari penularan  Covid-19. Dan selalu ikuti imbauan yang sudah disampaikan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Seram Bagian Barat", harap Latulumamina.

(Pewarta : Fitrah)

Related News

Loading...

pers

loading...