DPRD Kabupaten Blitar Minta Satker Evisien Anggaran Untuk Covid-19

Rabu, 12/08/2020 - 17:46
Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar Pimpin Rapat
Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar Pimpin Rapat

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Hal ini disampaikan Suwito ditemui awak media Rabu (12/08/20) di ruang kerjanya, disampaikan permintaan terkait penggunaan anggaran refokusing dari masing-masing OPD.

"Nah yang disiapkan karena covid 19 tentunya gugus tugas penanganan pencegahan penyebaran covid 19 Kabupaten Blitar harus punya pertimbangan kegiatan sosial seperti itu," kata Suwito, Rabu (12/08/2020).

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto menyampaikan, BTT (Bantuan Tidak Terduga) saat ini grafiknya itu justru disiapkan anggaran BTT ini adalah untuk pencegahan dan mengurangi dampak akibat pandemi sehingga kapan BTT dikeluarkan berapa dan kemudian dialokasikan ke mana itu semua tentu ada parameter-parameternya.

"Kita bicara  angka serapan yang mana masih 69 persen, sekarang kita bandingkan dengan kegiatan-kegiatan yang ada di OPD yang memang sifatnya sudah di desain sudah dirancang sebagai satu kegiatan yang ada tempelannya yang ada waktu kapan dia harus sesegera mungkin dikerjakan," lanjutnya.

Suwito yang juga dari PDI P ini minta supaya manfaat ini segera dirasakan oleh masyarakat misalnya proyek fisik seperti pada Dinad PU Bina Marga misalnya, soalnya adalah kajian terhadap dampak atau mungkin grafik dari pasien tersebut dan pencegahan itu yang di utamakan Jika Kami punya gambaran dengan Belanja Tidak Terduga (BTT).

"Yang sekarang terserap 69 persen ini, berarti kan masih ada 31persen nah itu harus ada perhitungan yang cermat artinya malah justru jangan sampai itu habis semua," imbuhnya.

Menurut nya bagaimana nanti bulan November, Oktober Desembernya bagaimana, karena ini beda sifatnya dengan belanja yang reguler ini jelas sifat urgensi nya yang sangat dipertimbangkan.

"Ini mengedepankan itung-itungan disisi kesehatan dampak ekonomi, kita nggak bisa samakan dengan apa anggaran yang lain yang harus  terserap semaksimal mungkin di bulan-bulan awal agar tidak menjadikan silpa," pungkasnya.

Sementara itu secara terpisah Kadin DPKAD Kabupaten Blitar Khusna Lindarti dihubungi media ini mengatakan sebagai berikut :

"Kita tidak tahu,  karena BTT ini siapkan sbg anggaran stand by,  yang dicairkan sewaktu waktu sesuai kebutuhan penanganan Covid-19 dan posisi bulan Agustus, refocusing untuk BTT sebesar 213 Milyar," kata Khusna.

(Pewarta : Faisal NR / Adv)

Related News

Loading...
loading...