Gerak Cepat, BLT-DD Telah Salur Sampai September

Jumat, 30/07/2021 - 14:03
BLT-DD Telah Salur Sampai September
BLT-DD Telah Salur Sampai September

Klikwarta.com - Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian menyampaikan pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021 KPPN Mukomuko telah tuntas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sampai bulan September dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) dengan total penyaluran sebesar 7,34 miliar.

Rusli mengapresiasi langkah cepat dari segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko mulai dari pemerintah desa, kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Badan Keuangan Daerah.

“Ini sesuai dengan target kami pada saat Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Penyaluran Dana Desa dan BLT-DD yang dilaksanakan pada jum’at lalu (23 Juli 2021), penyaluran BLT-DD sampai bulan September ditargetkan selesai pada akhir Juli 2021”, kata Rusli.

“Sedangkan untuk BLT-DD bulan Oktober sampai Desember paling cepat disalurkan pada bulan Oktober”, tambah Rusli.

Rincian penyaluran terdiri dari BLT Bulan ke enam dan ke tujuh sebesar 3,6 miliar untuk 145 Desa Reguler. Kemudian BLT Bulan ke delapan dan ke sembilan sebesar 3,74 miliar untuk 145 Desa Reguler dan 3 Desa Mandiri.

Adapun alokasi penerima BLT-DD setiap bulan dari Kabupaten Mukomuko, secara total berjumlah 6.233 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dengan adanya BLT-DD diharapkan dapat membantu menjaga daya beli masyarakat desa. Setiap KPM menerima 300 ribu per bulan selama 12 bulan dari BLT DD ini.

Rusli menerangkan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.07/2021, pola penyaluran BLT DD yang semula dicairkan secara bulanan, sekarang dapat sekaligus untuk 3 bulan.

Adanya perubahan peraturan ini diharapkan tidak terdapat lagi keterlambatan penyaluran BLT-DD. BLT-DD diharapkan dapat diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM) pada setiap awal bulan berkenaan.

Rusli menghimbau agar Pemerintah Desa segera menyalurkan BLT-DD bulan ke enam dan ke tujuh (Juni dan Juli) serta menyalurkan BLT-DD bulan ke delapan pada awal bulan Agustus dan BLT bulan ke sembilan pada awal bulan September, karena dana BLT-DD sudah tersedia di RKD.

“BLT-DD bulan ke enam dan ke tujuh dapat disalurkan kepada KPM secara sekaligus untuk mengejar keterlambatan penyaluran” tambah Rusli.

 

Related News