Hasil Pileg Kota Blitar Ditetapkan, Ini Partai Tiga Teratas Perolehan Kursi di DPRD

Senin, 22/07/2019 - 19:54
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih DPRD Kota Blitar dalam Pemilu 2019 KPU Kota Blitar.
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih DPRD Kota Blitar dalam Pemilu 2019 KPU Kota Blitar.

Klikwarta.com, Blitar - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai terbesar penyumbang jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar pada pemilu legislatif tahun 2019.

Dalam kontestasi politik lima tahunan itu, PDIP Kota Blitar memperoleh 10 kursi. Kemudian untuk urut kedua dan ketiga diduduki oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). PKB memperoleh empat kursi, sementara Gerindra dua kursi.

PPP memperoleh tiga kursi, PKS dan Partai Hanura sama-sama mendapat satu kursi dan Partai Demokrat memperoleh dua kursi di DPRD.

"Jumlah kursi tidak berubah dari hasil rekapitulasi dan sampai penetapan ini. Semua kursi sudah terpenuhi. Tinggal menunggu untuk pelantikannya," tukas Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar Hernawan Miftakhul Khabib, Senin (22/07/2019).

Menurut Khabib, penetapan calon terpilih dan perolehan kursi anggota DPRD Periode 2019-2024 itu dilakukan setelah keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Penetapan harus dilakukan lima hari setelah keputusan MK. Penetapan calon terpilih dan perolehan kursi berjalan cukup lancar. Tidak ada aksi protes dari peserta pemilu maupun partai.

"Hanya saja tadi dapat masukan dari Bawaslu terkait penulisan nama yang benar. Kami akan evaluasi itu," ujarnya. 

Lebih lanjut, setelah penetapan nantinya KPU akan mengirimkan nama-nama calon terpilih anggota DPRD Kota Blitar itu ke Gubernur Jawa Timur (Jatim) melalui Wali Kota Blitar. Selanjutnya menunggu jadwal pelantikan. Pelantikan diperkirakan akan digelar medio akhir bulan Agustus besok. (Faisal)

a

TMMD

 

Related News