Banjir di Lebong, Rendam Ratusan Rumah

Rabu, 06/02/2019 - 13:51
Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir

Klikwarta.com, Lebong - Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebong pada Selasa (05/02/2019) kemarin mengakibatkan banjir. 

Dilansir gobengkulu.com, banjir tersebut menyebabkan ratusan rumah warga di dua kecamatan terendam. Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Lebong Utara dan Kecamatan Amen.

Berdasarkan pemantauan, banjir terparah terjadi di Desa Talang Ulu, Gandung Baru, Lebong Tambang, Kampung Muara Aman Dan Nangai Amen. 

Banjir ini juga mengakibatkan longsor di beberapa titik tepatnya di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara dan Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pelabai.

"Diduga banjir ini disebabkan hujan deras di wilayah Lebong Utara dan dan Atas, sementara sungai Air Kotok dan Air Raman meluap. Sehingga air curahan dari pegunungan tidak bisa masuk ke aliran sungai yang kemudian air menyebar kemana-mana dan merendam ratusan rumah warga", ujar Kapolres Lebong AKBP Andree Ghamaa Putra, SH, S.Ik melalui Kapolsek Lebong Utara Iptu Firmansyah.

Dalam hal ini Kapolsek, sudah menerjunkan tim ke lokasi guna memantau kondisi banjir dan memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. "Kita imbau warga agar tetap waspada meski air sudah surut, karena tidak menutup kemungkinan debit air akan naik lagi mengingat cuaca saat ini cukup ekstrim", katanya.

Terpisah, Camat Lebong Utara Sumitro,S.Sos dalam hal ini juga mengimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada dan bila perlu kepada warga yang tinggal di seputaran Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk mengungsi sementara.

“Semoga air cepat surut dan hujan reda, kepada seluruh warga mayarakat harap tetap siaga dan waspada karena hinnga saat ini hujan masih mengguyur Kabupaten Lebong,” imbaunya. (FR)

Related News