Daftarkan 120 Bacaleg, PAN Jatim Targetkan Satu Kursi Tiap Dapil

Sabtu, 13/05/2023 - 01:10
DPW PAN Jawa Timur saat mendaftarkan 120 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kantor KPU Jatim, Jum'at, 12 Mei 2023.
DPW PAN Jawa Timur saat mendaftarkan 120 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kantor KPU Jatim, Jum'at, 12 Mei 2023.

Klikwarta.com, Jatim - DPW PAN Jawa Timur mendaftarkan 120 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kantor KPU Jatim, Jum'at, 12 Mei 2023. PAN menargetkan setiap dapil memperoleh satu kursi di DPRD Jatim.

"Kita harapkan pengantin-pengantin (para bacaleg) yang ditawarkan kepada masyarakat Jatim ini bisa berinteraksi, bersosialisasi, dan bersinergi dengan kekuatan masyarakat yang lain untuk bersama-sama melakukan pengabdian dan melakukan kerja-kerja politik berdasarkan sabda Rosulullah SAW, yakni khoirunnas anfauhum linnas," kata Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig saat memimpin pendaftaran.

Pendaftaran oleh pengurus DPW PAN Jatim langsung didampingi pengasuh Ponpes Sidogiri KH Fuad Nurhasan. Rizki menyatakan pendaftaran 120 bakal calon legislatif telah memenuhi kuota yang ditetapkan oleh undang-undang. Termasuk pemenuhan kuota 30 persen perempuan

”Alhamdulillah, hari ini Partai Amanat Nasional Provinsi Jawa Timur, secara mantap, secara yakin, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim," ucap Ahmad Rizki Sadig di Kantor KPU Jatim.

Rizki membeberkan bahwa dalam waktu bersamaan dan hari yang sama ada 1.695 bacaleg dari 38 kabupaten/kota didaftarkan ke KPU se-Jawa Timur. 

“Ini semua adalah ikhtiar kami dari Partai Amanat Nasional untuk menyempurnakan niat, membantu rakyat melalui jalur partai politik,” tegasnya.

Rizki menjelaskan bahwa dipilihnya hari Jumat untuk mendaftarkan bacaleg karena hari yang penuh berkah. Sementara tanggal 12 sesuai dengan nomor urut PAN. 

“Dan sesuai dengan hari lahir Rosulullah Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal,” ungkapnya.

Pengamatan di lapangan, sebelum berangkat ke KPU Jatim, rombongan melakukan salat Jumat di Kantor DPW PAN Jatim, Jalan Darmokali, dengan imam Kiai Fuad.

Rombongan kemudian berjalan kaki dari kawasan Jalan Jemursari menuju Kantor KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis sejauh kurang lebih 100 meter. Aneka macam atribut PAN menghiasi rombongan. Rombongan laki-laki mengenakan sarung biru. 

Beberapa orang tampak dicat sekujur badannya dengan warna biru dan rambut dicukur sedemikian rupa membentuk tulisan PAN dan angka 12. Sepanjang perjalanan mereka diiringi alunan musik marawis.

”Kami ingin momentum pendaftaran bacaleg ini sebagai ajang berpolitik dengan riang gembira. Bukan politik yang menegangkan dan memisahkan. Tapi beradu gagasan baik untuk bantu rakyat,” tutur Rizki.

Dia menjelaskan bahwa PAN Jatim telah siap mengikuti Pemilu 2024 untuk mewujudkan misi besar meraih minimal satu kursi di setiap dapil. Salah satu alasannya karena sudah memenuhi kebutuhan bacaleg untuk mengisi kuota 14 daerah pemilihan sesuai aturan pemilu.

”Dari kuota 120 bacaleg untuk DPRD Provinsi, kami sudah penuhi di 14 dapil, termasuk 30 persen kuota perempuan di semua dapil,” beber Rizki.

Semua dapil telah terisi dengan komposisi bacaleg dari berbagai kalangan. Mulai tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga milenial yang mencerminkan PAN sebagai partai terbuka, plural, dan majemuk.

Pewarta: Supra

Related News