Danlantamal IX Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Jumat, 02/02/2024 - 09:21
Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina saat apel gelar pasukan pengamanan pemilu 2024
Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina saat apel gelar pasukan pengamanan pemilu 2024

Klikwarta.com, Ambon - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Pastikan kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 bertempat di Lapangan Upacara Mako Yonif 733/Masariku, Waiheru, Baguala, Kota Ambon pada Kamis. (01/03/24) 

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 dilaksanakan serentak secara terpusat dan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto S.E., M.Si serta diikuti secara virtual di seluruh Indonesia. Khusus di wilayah kerja Kodam XVI/Pattimura diikuti oleh seluruh Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Maluku dan Maluku Utara yang dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial PSC., M.Tr.(Han). 

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XIV/Pattimura berkesempatan untuk melaporkan kesiapan personel yang bertugas mengamankan jalannya Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara kepada Panglima TNI dengan total personel yang terlibat pengamanan  adalah 9.963 personel  terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. 

.

Dalam kesempatan yang sama, Brigjen Said Latuconsina mengatakan bahwa  Lantamal IX beserta jajarannya berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman, lancar dan damai, siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah, penyelenggara pemilu dan komponen masyarakat dalam mendukungan kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilu. Selain itu, juga menekankan bahwa Netralitas TNI sudah menjadi komitmen bersama dan diinstruksikan dari pimpinan tertinggi olehnya itu Lantamal IX akan menjujung komitmen tersebut, apabila ditemukan adanya keterlibatan prajurit dalam politik praktis maka akan ditindak sesuai dengan aturan hukum dan ketentuan yang berlaku. 

Gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024 wilayah Maluku tersebut dilaksanakan di lapangan upacara Yonif 733/Masriku dipimpin Pangdam IX/Pattimura selain dihadiri Kasdam XVI/Pattimura dan perwira Kodam, juga dihadiri Danlantamal IX beserta PJU Lantamal IX, Danrem 151/Binaya dan Danlanud Pattimura beserta staf. 

(Kontributor : Arif)

Related News