Gempa 5,7 SR Guncang Lebong

Pusat Gempa
Pusat Gempa

Klikwarta.com, Lebong - Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebong. Gempa terjadi di 42 kilometer sebelah Timur Laut Lebong Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan informasi dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (30/12/2018), gempa yang terjadi pukul 15.39 WIB tersebut berada di kedalaman 192 kilometer. 

Koordinat gempa berada di 2.77 Lintang Selatan (LS) dan 102.25 Bujur Timur (BT). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

BMKG menginfokan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Benioff yaitu zona subduksi lempeng yang memiliki sudut tunjaman yang relatif tajam di bawah lempeng Eurasia.

Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran sesar oblique cenderung turun (oblique normal).

Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kota Bengkulu, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah IV MMI, Manna, Mukomuko, Lebong, dan Pesisir Selatan III MMI, Kepulauan Mentawai, Pariaman, Padang II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 16.05 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). 

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Lj)

Related News