Inflasi Relatif Terkendali, Mendagri Apresiasi Jajaran Pemprov Gorontalo

Jumat, 02/09/2022 - 15:37
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat memberikan Pengarahan kepada Kepala Daerah, Forkopimda dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston Gorontalo, Kamis (1/9/2022).
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat memberikan Pengarahan kepada Kepala Daerah, Forkopimda dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston Gorontalo, Kamis (1/9/2022).

Klikwarta.com, Gorontalo - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo atas inflasi yang relatif terkendali. Hal itu disampaikannya saat memberikan Pengarahan kepada Kepala Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di Hotel Aston Gorontalo, Kamis (1/9/2022).

"Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua pihak di Gorontalo, baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan TNI/Polri, BI (Bank Indonesia) perwakilan di Gorontalo, BPS, dan semua, karena inflasi di Gorontalo relatif rendah, di bawah 5 persen," puji Mendagri.

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), laju inflasi di Kota Gorontalo pada Juli 2022 sebesar 4,58 persen, atau naik sekitar 1,48 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021. Angka tersebut disumbang salah satunya oleh kenaikan harga cabai sebagai komoditas yang mengalami kenaikan cukup tinggi di wilayah itu.

e

Merespons kenaikan harga cabai tersebut, Pemprov Gorontalo menggalakkan Gerakkan Batanam Rica Sendiri (Batari) atau menanam cabai sendiri. Gerakan Batari diharapkan menjadi solusi mahalnya harga cabai rawit, yang sering berpengaruh pada tingkat inflasi di daerah.

"Penyumbang utamanya salah satunya cabe, langkahnya makanya gerakan menanam cabe, orang tanahnya juga subur, panennya relatif cepat," ujarnya 

Selain kekompakan kepala daerah bersama Forkopimda dalam menjaga stabilitas harga, terutama bahan pangan, pengendalian inflasi di Provinsi Gorontalo didukung oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang solid. Menurutnya, hal ini dapat dijadikan role model atau contoh bagi daerah lainnya.

"Saya melihat tim TPID di Gorontalo ini salah satu yang terbaik di Indonesia, ini menjadi model bagi daerah lain. Tugas dari Bapak Gubernur selaku Ketua Tim di daerah ini adalah mempertahankan prestasi itu, syukur kalau bisa lebih memperbaiki lagi," bebernya.

Sebagai informasi, TPID Provinsi Gorontalo meraih penghargaan sebagai TPID terbaik dalam TPID Award selama tiga tahun berturut-turut pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah. Prestasi serupa juga diraih TPID di tingkat kabupaten/kota yang berhasil menjadi TPID terbaik di wilayah Sulawesi. Capaian tersebut merupakan kerja sama dan kolaborasi Forkopimda Gorontalo dalam memadukan berbagai program kebijakan lintas sektor, demi menjaga stabilitas harga.

(Kontributor: Arif)

Related News