Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Pergerakan Tanah Bandung Barat

Selasa, 05/03/2024 - 21:34
Pergerakan Tanah Bandung Barat
Pergerakan Tanah Bandung Barat

Klikwarta.com, Bandung Barat - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M, melakukan peninjauan lokasi terdampak bencana pergerakan tanah yang melanda SD Negeri Babakan Talang, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (5/3).

Didampingi Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah dan Bupati Bandung Barat, Arsan Latif, Kepala BNPB melihat kerusakan masif yang ditimbulkan atas fenomena geologi itu. Selama kurang lebih 30 menit, Kepala BNPB bersama rombongan melihat celah tanah yang mengalami keretakan dengan dimensi yang bervariasi. Jalan yang penghubung desa di depan SD Negeri Babakan Talang itu terputus dan beda tinggi akibat pergerakan tanah.

BNPB

Usai melakukan peninjauan lokasi terdampak, Suharyanto kemudian menyambangi lokasi pengungsian di Islamic Center Kecamatan Rongga. Selama kurang lebih 15 menit, Kepala BNPB menyempatkan diri berdialog dengan warga. Pada kesempatan itu, Kepala BNPB menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah akan merelokasi 44 rumah terdampak maupun yang terancam pergerakan tanah.

Sebelum mengakhiri kunjungan, Kepala BNPB menyerahkan dukungan sembako kepada para pengungsi di sana, dengan harapan dapat meringankan beban yang dialami para warga terdampak.

Kontributor: Arif

Related News