Konser Ed Sheeran, Berdampak Positif Bagi Perekonomian Masyarakat

Rabu, 28/02/2024 - 07:55
Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (26/2/2024).
Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Klikwarta.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap penyelenggaraan konser musisi asal Inggris, Coldplay, di Jakarta International Stadium (JIS) pada 2 Maret 2024 mampu mendatangkan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

“Saya mengapresiasi karena (promotor) PK Entertainment tahun lalu sukses dengan Coldplay. Sesuai janjinya di awal tahun langsung menggebrak, lewat konser Ed Sheeran,” kata Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Konser Ed Sheeran ditargetkan akan ditonton hingga 50.000 orang sehingga diyakini Menparekraf Sandiaga dapat membawa dampak baik bagi sektor perekonomian di Tanah Air. 

Ia menjelaskan tipikal spending wisatawan nusantara saat menonton konser internasional di Indonesia. Dikatakannya, jika target penonton Ed Sheeran 50 ribu pengunjung, maka menurutnya  konservatif direct impact-nya bisa mencapai lebih dari Rp100 miliar.

"Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalihnya Rp2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp100 miliar lebih," kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan bahwa konser Ed Sheeran: Mathematics Tour 2024 ini juga telah mengalami perpindahan tempat dari semula di Stadion GBK ke Jakarta International Stadium (JIS).

Perpindahan venue dari Stadion GBK ke JIS selain karena GBK akan digunakan untuk persiapan pertandingan timnas Indonesia melawan timnas Vietnam, juga dilakukan untuk menghadirkan sensasi panggung 360° ikonik yang merupakan standar global untuk Ed Sheeran. Panggung 360 derajat ini pun merupakan yang pertama di JIS. 

“Ini last minute pindah dari GBK ke JIS tentunya akan memungkinkan sebuah sensasi panggung  360°yang iconic,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Co-Founder dan COO PK Entertainment, Harry Sudarma, menyampaikan sejumlah persiapan konser yang akan diselenggarakan beberapa hari ke depan. 

“Meskipun menemui tantangan karena ada perpindahan lokasi, tapi sejauh ini advance kru sudah mulai berdatangan dan panggung berkonsep 360 derajat sudah mulai dibangun sejak pekan lalu. Ikonik memang untuk rangkaian tur ini secara global," kata Harry.

Untuk kelancaran akses penonton menuju dan pulang dari JIS, Harry menjelaskan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti JIExpo dan Ancol agar bisa menyediakan area parkir tambahan. Selain itu akan ada 75 unit shuttle dari JIExpo 50 unit shuttle dari GBK.

"Jadi memang untuk pembeli yang sudah membeli tiket sebelum diumumkannya perpindahan venue dan sudah terlanjur booking hotel di dekat GBK dan lain-lain kita sediakan shuttle dari GBK dan kita kerja sama dengan Blue Bird, untuk menyediakan promo supaya bisa commute (bepergian) lebih nyaman dan JPO juga di JIS dari Ancol diaktifkan," kata Harry.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan terdapat dampak ekonomi secara langsung dan tidak langsung pada penyelenggaraan konser Ed Sheeran. 

“Seperti personel artisnya saja ada lebih dari 80 orang sehingga ada efek langsung ke hotel, katering, visa, jadi ini mungkin sudah menjadi dampak langsung. Dampak tidak langsungnya kan artis-artis dengan skala besar seperti Ed Shireen harapannya pasti bisa memancing wisatawan yang mungkin tidak hanya lokal tapi juga asing,” kata Harry. 

Sementara itu, Deputi Produk Wisata & Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, mengatakan bahwa Kemenparekraf bersama PK Entertainment terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas. 

“Belajar dari succes story Coldplay kemarin kita melihat promotor kita PK Entertainment ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaranya, memang ini yang kita harapkan, event itu bukan untuk memperbanyak dari aspek kuantitas, tapi kualitas penyelenggara dan kualitas dampak juga harus kita tekankan,” kata Vinsensius. 

Vinsensius menyampaikan Konser Ed Sheeran dengan 50 ribu penonton diharapkan juga akan berkontribusi kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan.

"Sebanyak 10-15 persen wisatawan mancanegara akan hadir ke konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian," kata Vinsensius. (*)

Kontributor: Arif

Related News