Nuansa Bali di Gunung Kidul Yogyakarta

Senin, 30/05/2022 - 16:22
Foto ilustrasi: Gunung Kidul Yogyakarta
Foto ilustrasi: Gunung Kidul Yogyakarta

Klikwarta.com, Yogyakarta - Pernahkah kamu ke pantai? Atau ternyata kamu tinggal dekat pantai? Jika kamu seseorang yang mencintai pantai atau memiliki hobi traveling, kamu wajib mengunjungi pantai-pantai di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gunung Kidul memang menyimpan segudang keindahan wisata alamnya, salah satunya adalah pantai.

Banyak pantai indah di Gunung Kidul yang sudah terkenal hingga mancanegara. Jadi jangan heran jika kamu melihat banyak warga asing mengunjungi pantai-pantai Gunung Kidul.

Jika kamu ingin menyegarkan pikiran dan menikmati keindahan pantai dengan tenang, kamu wajib mengunjungi Pantai Ngobaran yang terletak di Desa Kanigoro, Gunung Kidul.

Pantai Ngobaran terkenal dengan keindahan alamnya yang unik. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Ngobaran ini memiliki keindahan alam seperti di Tanah Lot Bali.

Ketika kamu mengunjungi Pantai Ngobaran, kamu seolah merasakan berada di tengah Kota Bali walaupun sebenarnya berada di Gunung Kidul. Hal ini akan menguntungkanmu sebab dapat merasakan suasana Bali tanpa perlu pergi jauh dari Gunung Kidul.

Sesampainya di Pantai Ngobaran, kamu akan melihat beberapa bangunan pura sebagai pintu masuk wisata alam tersebut. Bangunan pura tinggi berwarna hitam arang berdiri kokoh di beberapa tempat dalam Pantai Ngobaran.

Secara keseluruhan, bangunan-bangunan pura tersebut berada di atas tebing yang berbatasan dengan laut. Walaupun berada di atas tebing, kamu tidak perlu khawatir kepanasan sebab terdapat beberapa pohon rindang sebagai tempat berteduh.

Jika kamu melihat sekeliling terutama pada sudut pura, kamu akan menemukan sesaji bekas ritual sembahyang kejawen. Sesekali kamu juga bisa melihat seseorang yang sedang melakukan ritual dan berdoa di sekitar bangunan pura.

Kamu yang beragama muslim tidak perlu khawatir untuk melaksanakan ibadah sebab pantai tersebut sudah menyediakan musholla. Pantai Ngobaran sungguh kental dengan keberagaman budaya dan agama, terutama Hindu, Budha dan Jawa yang sangat terasa di pantai tersebut.

Saat kamu menyusuri lebih jauh, kamu akan menemukan prasasti berupa gapura serta patung-patung dewa khas Hindu dan Budha bernama Setya, Patuh, dan Ngabekti. Patung-patung tersebut besar dan kokoh sehingga menarik wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen dengan swafoto.

Kamu akan langsung tertarik pada 2 patung naga yang besar menghiasi pintu masuk seolah menyambutmu di Pantai Ngobaran. Terdapat keterangan pada tiap patung untuk memudahkanmu mengetahui penjelasan tiap patung khas Hindu Budha.

Pantai Ngobaran memang didominasi oleh bukit dan batuan. Walaupun memiliki bibir pantai berpasir putih, namun tidak cukup luas untuk direkomendasikan sebagai tempat berenang. Panjang garis pantai tersebut tidak lebih dari 1 kilo meter atau bisa kurang. Kamu tetap dapat menikmati lembutnya pasir putih untuk relaksasi dan mencari spot foto yang menarik.

Di bibir pantai terdapat batu karang dengan alga hijau terhampar di batas menuju laut yang dapat dijadikan spot foto pilihan. Kamu juga dapat bermain air atau menikmati deburan ombak kecil yang mendatangi kakimu di mana hal tersebut sangat menyenangkan. Namun perlu kamu ketahui bahwa akses jalan turun dari tebing ke bibir pantai sangat curam sehingga kamu perlu berhati-hati pada pijakan.

Banyak pilihan spot foto untuk mengabadikan momenmu di Pantai Ngobaran. Memang Pantai Ngobaran memiliki keindahan budaya di setiap sudutnya. Bangunan-bangunan keragaman budaya yang berada di atas tebing, ditambah pemandangan lautan lepas Samudra Hindia, angin kencang yang menerpa, deburan ombak yang menghantam tebing, serta ritual keagamaan yang dirayakan membuatmu jatuh cinta pada wisata alam tersebut.

Pengelola Pantai Ngobaran menyediakan sejumlah spot foto pilihan yang berada di tepi tebing dan menghadap laut lepas. Kamu tidak akan dikecewakan dengan hasil fotonya sebab adanya perpaduan keindahan alam yang menakjubkan.

Spot foto yang disediakan hadir dalam berbagai bentuk, seperti kapal dan payung khas bali disertai tirai di belakangnya. Selain menikmati keindahan alam Pantai Ngobaran, jangan lupa kamu harus mencoba jajanan kuliner yang berada di sekitar pantai.

Setelah lelah menelusuri pantai penuh sejarah tersebut, kamu tidak perlu repot mencari restoran dan pergi jauh untuk makan. Harga yang ditawarkan cukup murah sehingga kamu tidak perlu khawatir dompet mengering.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin menyantap makanan laut. Liburan ke Pantai Ngobaran adalah pilihan yang tepat untukmu sebab selain belajar budaya dan sejarah, kamu juga dimanjakan dengan hidangan laut murah namun enak.

(Penulis: Wulansari Listya Putri Utami)

Tags

Related News