Pengamat: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Fokus Pada Dampak Ekonomi

Selasa, 28/01/2020 - 13:07
Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga
Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga

Waspada Corona

Klikwarta.com, Jakarta - Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga bahwa menyatakan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) secara umum rata-rata melebih target yang ditentukan jika dibandingkan dalam sepuluh tahun terakhir. Selain itu juga menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan. 

Terlebih diera kedua, setidaknya dalam pandangan dia ada catatan penting yakni dari lima visi dan misi selain tetap pada percepatan infrastruktur namun juga dampak ekonomi.

"Kalau kemarin adalah benar-benar percepatan insfrastruktur yang didorong. Yang kedua ini adalah tidak hanya percepatan tetapi juga dampak dari ketersediaan infrastruktur terhadap pembangunan di daerah," kata Nirwono dalam diskusi 'Keberhasilan Pembangunan Insfrastruktur Bukti Kinerja Positif Pemerintah', di Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Nirwono memberikan contoh misalnya pembangunan infrastruktur jalan tol transjawa yang sudah dibangun ke depan dampak ekonomi terhadap pembangunan tersebut daerah yang menjadi penekanan yang dilakukan pemerintah. Sehingga masyarakat bisa langsung merasakan dampak langsung positif dari pembangunan infrastruktur.

PENGAMAT
pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing

Ditempat yang sama pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing dengan mengedepankan pembangunan infrastruktur dan terlihat hasilnya seperti jalan tol Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Serta hampir di semua didaerah pembangunan infrastruktur merupakan keberhasilan yang luar biasa di periode pertama.

"Kita lihat dalam diperiode kedua tetap  infrastruktur menjadi suatu hal yang terus diselesaikan oleh pemerintahan Joko Widodo. Dengan pembangunan infrastruktur berarti transformasi pembangunan ekonomi dan perubahan sosial ditiap daerah karena adanya relasi satu masyarakat satu dengan lainnya yang dihubungkan dengan infrastruktur," tegas Emrus.

Menurutnya kalau sebuah negara ingin maju, pembangunan yang paling utama adalah pembangunan infrastruktur yang menghubungkan antar daerah satu dengan lainny, baru setelah itu adalah soal efisiensi.

"Dengan insfrastruktur maka koneksifitas antar daerah tidak ada sekat lagi serta dapat memperkuat nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme masyarakat," terangnya. (AA)

Related News

Loading...
loading...